Catatan Mengajar Hari ini

Mumpung ada waktu 5 menit, saya sempatkan untuk nulis di blog ini yang sudah beberapa hari alfa posting. Hari ini saya mengajar kelas X untuk mata diklat pemrograman web dasar dan etimologi multimedia. Durasinya sekitar 4 jam lebih, dan setelahnya saya akan menemani anak-anak kelas 4 SD untuk melanjutkan materi wordprocessor. Banyak catatan menarik, setidaknya untuk KBM bersama anak kelas X MM. Pagi ini mereka terlihat happy dengan materi-materi yang teknis seperti penulisan koding html dan latihan pembuatan form sederhana. Sekalipun sambil becanda-becanda, malah sesekali ledek-ledekan (ini mungkin tidak baik menurut pandangan guru lainnya) tapi mereka tetap fokus pada materi yang disampaikan dan bisa, ini yang terpenting buat saya.

Soal gaya mengajar saya memang tidak pernah bisa se-formal guru lainnya. Saya cenderung eazy and simple, tidak neko-neko dan bikin kelas “mencekam”. Saya lebih menyukai situasi yang membuat semua siswa merasa tidak terkekang oleh aturan yang membuat mereka takut salah dan serba salah.

Dan terbukti dengan suasana yang menurut saya asyik, semua siswa bisa menyelesaikan semua latihan dengan baik. Dan lebih dari itu siswa merasa senang dengan suasana kelas, suasana belajar, dan materi yang mereka pelajari.

Materi belajar hari ini nanti saya posting, kalau sudah sampai rumah dan ada waktu untuk menulisnya…

2 Komentar to “Catatan Mengajar Hari ini”

  1. meluangkan waktu demi ngeblog, mantap pak…

  2. ya, belajar mencatat pak. kalau orang lain nulis yang hebat2, sy cukup yang biasa2 saja…

Tinggalkan Balasan

