Masalah Komputer Pentium 3 Di Lab Komputer

pentium 3Di ruang praktik komputer sekolah (biasa disebut lab komputer) tempat saya ngajar, ada 5 komputer lama yang sudah tidak diminati siswa. Lantaran masih menggunakan monitor jenis CRT, entahlah kenapa siswa tidak menyukai jenis monitor seperti itu? Selain monitor, operating sistem yang digunakan juga masih OS lama yaitu Windows XP , dan paket officenya menggunakan office 2003 dan 2007. Kalau soal monitor mungkin lebih kepada tampilan layar saja memang sudah kurang kontras, soal bentuk juga mungkin sudah tidak familiar saja lantaran jenis monitor saat ini kebanyakan flat yang lebih enak dilihatnya. Kalau soal OS, juga faktor kebiasaan siswa ketika di rumah yang tentunya menggunakan OS keluaran terbaru jadi ketika di sekolah menggunakan versi lama mereka “kikuk” alias kebingungan. Ini mirip ketika di lab komputer menggunakan OS open source Ubuntu, ramai-ramai anak prustasi.

Lima komputer tersebut memang warisan tahun 2007, dimana spesifikasinya pun masih pakai Pentium 3. Saya sendiri bingung mau diapakan kelima komputer tersebut, mau diapakan? Mengenai monitor itu bisa disiasati dengan menggantinya menggunakan yang flat, tapi kalau soal spesifikasi bingung juga, mau upgrade bisa tidak ya? Kalau pentium 4 bisa saja tinggal upgrade memory menjadi 2 Gb , processor pakai Dual Core , hardisk pakai 20 Gb dan vga pakai 128. Tapi kalau pentium 3?

Kalau maksa juga upgrade, nantinya estimasi biaya upgradenya malah hampir sama dengan membeli komputer baru. Jadi lebih baik beli yang baru saja. Masalahnya kalau beli yang baru kelima komputer tersebut mau dikemanakan? Mau dijual juga siapa yang mau beli, kalaupun ada yang mau beli paling harganya cuma seharga dengan hardisk 250 GB.

Dibuang saja, wah ini pasti sangat tidak direstui yayasan. Belum lagi sampahnya itu loh. Kalau inisiatif saya sementara digunakan untuk bahan “ngoprek” siswa kelas X pada mata diklat perakitan komputer. Lumayan lah jadi media belajar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: