Jam Tambahan Online

jam tambahan onlineJam Tambahan Online| Semester 2 ini saya mesti mengajar 3 level jenjang pendidikan, SD, SMP, dan SMK. Untuk level sekolah dasar (SD) saya “pure” mengajar mata pelajaran TIK/Komputer, padahal semester satu saya masih kebagian mengajar mata pelajaran PKN dan IPS namun lantaran kebijakan Diknas berkaitan dengan prosedur pencairan tunjangan sertifikasi, dimana kedua mata pelajaran tersebut harus dipegang wali kelas maka saya yang notabene bukan wali kelas dan belum ikut sertifikasi guru, harus melepas kedua mata pelajaran tersebut. Dan di SMP saya mengajar mata pelajaran komputer, sementara di SMK saya mengajar perakitan komputer, pemrograman web dasar dan etimologi multimedia. Melihat padatnya jadwal setiap harinya saya yakin kalau cuma mengandalkan proses KBM dalam kelas maka materi tidak akan tuntas (ini untuk SMP dan SMK) makanya saya berencana coba memanfaatkan situs gratisan untuk membuat jam tambahan online dengan facebook, dan blog serta aplikasi gratisan lainnya untuk dimanfaatkan menjadi media belajar online. Alasannya siswa saya rata-rata punya akses internet sendiri, ini sepertinya memungkinkan jika mengadakan kelas tambahan di malam hari dengan aplikasi gratisan tersebut.

Fasilitas yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi gratisan di internet

  • Semua siswa mempunyai akun facebook, ini bisa dimanfaatkan untuk membuat group. Dalam group ini bisa digunakan untuk membagikan materi, sumber materi, slide, video dan lainnya. Disini juga tersedia fasilits upload-download dokumen, fasilitas quisioner, catatan (note), kalender, dan chat tentunya. Fasilitas-fasilitas ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membuat jam tambahan online. Cuma tidak ada fasilitas kelas, dan skor nilai.
  • Kelas dan fasilitas di edu20.com bisa dimanfaatkan untuk ruang belajar bersama dalam suatu waktu. Model penugasan juga bisa diberi batas waktu secara otomatis, termasuk penskoran yang bisa dikonvert dari Google Drive, atau aplikasi gratis khusus untuk penskoran.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dikerjakan melalui aplikasi gratisan di internet, tapi saya akan mencoba yang dua dulu facebook dan edu20. Dan untuk jam tambahan ini saya sudah membuatnya dengan url jamtambahan.edu20.org,, tinggal membuat groupnya di facebook dan bebebrapa tool aplikasi lainnya. Mudah-mudahan ini bisa membantu KBM. Saya juga coba membuat kelas lainnya dengan kelaskita.com.

Tinggalkan Balasan

