Pentingnya Mengenalkan Penggunaan Hardware Dengan Benar Kepada Siswa

pengenalan hardware kepada anakPentingnya Mengenalkan Penggunaan Hardware Dengan Benar Kepada Siswa|Mengenalkan penggunaan hardware (perangkat keras komputer) kepada siswa, terutama siswa Sekolah Dasar adalah hal yang sangat penting ketika hendak memulai praktik mengoperasikan komputer. Kenapa? Karena hardware komputer berkaitan dengan beberapa hal; seperti perangkat keras yang membutuhkan prosedur khusus dalam penggunaanya, aspek kesehatan siswa kaitannya interaksi dengan komputer, serta aspek keselamatan siswa ketika bersentuhan dengan alat (baik hardware maupun koneksi listrik PLN). Walaupun tidak ada prosedur khusus tentang manajerial pengenalan dasar bagaimana seharusnya mengenalkan perangkat-perangkat komputer kepada siswa SD, tetap seorang instruktur wajib mengetahuinya dan menerapkannya saat praktik.

Perangkat keras membutuhkan prosedur khusus
Tidak semua perangkat keras komputer boleh disentuh siswa (digunakan), apa saja itu?

  1. Perangkat-perangkat yang tersimpan didalam casing komputer.Didalam casing, terdapat banyak sekali perangkat keras komputer yang tidak boleh sembarangan menyentuhnya terutama buat anak usia sekolah dasar, ini berkaitan dengan kerusakan. Perangkat-perangkat tersebut seperti ram, hardisk, processor, motherboard, lan, dan komponen tambahan lainya tidak boleh  disentuh siswa. Kan tertutup casing? Betul, tetapi kadang kita lupa, bisa saja setelah maintenance kita lupa menutup kembali casing komputer tersebut. Siswa yang semangat ingin tahunya tinggi akan terpancing untuk menyentuh hardware tersebut.
  2. Colokan kabel power berikut jalur listrik lainnya. Untuk yang ini seorang instruktur tidak boleh lengah, sebab colokan kabel dan jalur listrik erat kaitannya dengan strum yang sangat membahayakan keselamatan siswa.
  3. Printer dan infokus. Kedua perangkat ini juga jangan dibiarka begitu saja disentuh oleh siswa. Pada bagian tertentu dikedua perangkat tersebut ada komponen yang sensitif. Seperti pada infokus, lensa menjadi benda sensitif, dan pada printer ada head atau tombol-tombol yang memerlukan prosedur penggunaanya dengan benar. Kalau anak-anak dibiarkan menyentuhnya sembarangan bisa jadi alat tersebut rusak atau tidak berfungsi normal.

Berkaitan dengan kesehatan siswa
Dalam mata kiliah interkom (interaksi manusia dan komputer) ada materi bagaimana mengoperasikan komputer dengan benar, ini berkaitan dengan posisi duduk, peletakan tangan di keyboard, cara menggerakan mouse dan peletakan telapak tanganny, jeda, dan lain sebagainya saat berinteraksi dengan komputer.

Materi ini juga sangat penting diberikan oleh instruktur ketika hendak memulai praktik bersama anak-anak. Karena cara menggunakan beberapa alat seperi mouse, cara duduk, dan lainnya akan berpengaruh kepada kesehatan anak, juga struktur tubuh. Penggunaan mouse yang salah dapat berakibat patal (saya pernah menulisnya di blog saya yang lian, lihat!). Pun dengan posisi menghadap komputer ini berpengaruh pada tulang belakang, serta cahaya komputer yang berdampak pada kesehatan mata siswa.

Berkaitan dengan keselamatan siswa
Soal keselamatan, ini yang paling utama. Jangan sampai karena kesalahan prosedur yang disebabkan oleh kelalaian instruktur berakibat patal terhadap keselamatan siswa, misalnya siswa kena strum, terjepit casing komputer, tergores skrup dan lainnya.

  • Peletakan perangkat komputer yang baik akan meminimalisisir kecelakaan. Untuk itu penataan lab yang baik sangat dianjurkan. Casing dan perangkat lainnya yang ada tegangan listriknya sebaiknya dijauhkan dari siswa.
  • Peletakan colokan kabel serta jaringan kabel listrik lainnya sebaikan tidak berdekatan dengan siswa.
  • Jangan biarkan siswa meletakan buku, kotak pensil, atau botol air minum dekat perangkat yang teraliri listrik.
  • Dan “warning” yang disampaikan terus menerus yang harus selalu dilakukan oleh instruktur ketika didalam lab.komputer.

Demikian artikel singkat ini mudah-mudahan dapat memberi referensi berguna bagi para instruktur atau guru TIK saat membimbing siswa di dalam lab. komputer.

_________________
Info: Baca resensi paket Modul TIK/Komputer untuk SD Kelas 1 – 6 untuk bahan belajar dan mengajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: