Pada Akhirnya Guru Akan Membutuhkan Blog

guru bloggerTulisan ini mungkin terlalu memaksa. Tapi begitulah, ini kayakinan saya, bahwa pada akhirnya guru akan membuat blog karena membutuhkannya. Sepertihalnya ketika guru dengan suka rela membuat akun-akun facebooknya walaupun pertamanya malu-malu, walau harus dengan meminta bantuan teman atau anaknya. Ketika lewat akun facebook seorang guru bisa melepaskan penat atau menemukan sesuatu yang baru dari wall temannya kemudian dengan asyiknya saling memberi komentar, maka lewat blog juga akan terjadi komunikasi seperti itu. Guru akan menemukan tempat yang asyik untuk melepas kepenatannya dengan menulis di blognya masing-masing. Dan bukan cuma sekedar menulis, tapi ketika blog sudah menjadi media yang “berarti” bagi guru maka si guru tersebut akan menata blognya sedemikian rupa seperti etalase mini perpustakaan pribadinya sebagai tempat menyimpan catatan-catatan bloggingnya. Yang bisa jadi catatan tersebut adalah buah pikir kreatifitasnya yang melahirkan ide-ide baru, inovasi, dan sebuah proses dari apa yang sudah guru aplikasikan saat mengajar. Asyik bukan?

Kenapa pada akhirnya guru akan membutuhkan blog?

Pertama, teknologi yang semakin dekat. Hampir semua guru saat ini mampu berinteraksi dengan internet. Ini pemicu pertamanya.
Kedua, perangkat TIK yang semakin memudahakan guru untuk mengakses teknologi yang ia butuhkan, dan perangkat tersebut banyak yang murah.
Keitiga, pergaulan sosialita antar guru yang kerap membicarakan teknologi dalam pembelajaran.
Keempat, sistem yang memaksa mereka untuk melakukan perubahan. Dan Blog bisa jadi tolak ukur perubahan tersebut dalam hal pemanfaatan IT.
Kelima, Guru adalah mahluk pembelajar. Ia akan belajar sesuai tuntutan zaman saat ini. Ketika banyak guru yang memanfaatkan blognya untuk pembelajaran, maka denan sendirinya guru akan mengikutinya, belajar dari guru lain tersebut.
Keenam, kesadaran sendiri. Pada akhirnya guru akan menyadari bahwa aktivitas blogging itu banyak sekali manfaatnya.

One Comment to “Pada Akhirnya Guru Akan Membutuhkan Blog”

  1. lama2 guru berbisnis lewat blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: