Contoh Penggunaan Rumus If Untuk Belajar Anak SD

fungsi ifContoh Penggunaan Rumus If Untuk Belajar Anak SD| Mendengar rumus If lazimnya diberikan untuk siswa tingkat menengah, walaupun belakangan anak SD juga sudah banyak yang mendapatkan materi tersebut. Rumus fungsi If bisa kita berikan kepada siswa SD pada mata pelajaran komputer untuk program aplikasi spreadsheet. Di Sekolah tempat saya mengajar, mata pelajaran komputer program aplikasi spreadsheet menggunakan Excel diberikan kepada kelas 5. Fungsi IF merupakan bahasan terakhir di semester 2, bagi yang berlangganan modul TIK SD yang saya buat bisa melihatnya pada bahasan terakhir semester 2. Berikut contoh penggunaan rumus If tersebut…

Pada sebuah latihan, guru komputer bisa berkolaborasi dengan guru matematika, karena yang berkaitan dengan angka-angka biasanya dominan pelajaran matematika. Dan latihan kali ini siswa diajak untuk mengenal rumus If untuk menyatakan “benar” atau “salah” dengan simulasi meneruskan deret angka dari 1-3.

Logic
Cell…….=If(Cell….=….,”betul”,If(Cell…=””,”?”,”salah”))
=IF(B1=2,”betul”,IF(B1=””,”?”,”salah”))
Jika cel B1 sama dengan 2, maka keterangan “betul”, jika cell B1 sama dengan kosong (“”) maka keterangan tanda tanya (?), selain itu salah.

logic 1

Cell B1 diisi angka 2, keterangan “benar” pada Cell B2

logic 2

Cell B1 tidak diisi, keterangan tanda tanya (?) pada Cell B2

logic 3

Cell B1 diisi angka selain 2, keterangan “salah” pada Cell B2

Pada contoh, jika Cell B1 diisi dengan angka 2 maka akan muncul keterangan “betul” pada Cell B2. Jika Cell B1 dikosongkan maka akan muncul keterangan tanda tanya (?) di Cell B2. Jika Cell B1 diisi dengan selain angka 2 maka akan muncul keterangan “salah” pada Cell B2.

Nah penggunaan fungsi If tadi bisa digunakan untuk latihan pembuktian benar salah pada mata pelajaran matematika untuk materi garis bilangan, atau lainnya yang sesuai. Tentu guru harus lebih kreatif dalam membuat simulasi-simulasi logic yang mudah dipahami oleh siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: