Posting Pertama di 2014 (Memotivasi Diri)

spiritPosting Pertama di 2014 (Memotivasi Diri)-Pertama saya mau mengucapkan selamat tahun baru masehi 2014 untuk semuanya, terutama pembaca setia blog saya mudah-mudahan ditahun baru ini semangatnya lebih baru lagi. Setidaknya tahun baru bisa jadi pemicu untuk memperbaiki semua hal jadi lebih baik lebih baik lagi, minimal sadar diri bahwa ternyata kita sudah tua dan sudah setua ini ternyata banyak hal yang dilakukan tidak sesuai dengan umur tersebut, entah pencapaian prestasi kerja, income, lebih-lebih perubahan prilaku. Ditahun baru ini mudah-mudahan kita sukses untuk memperbaiki ketidak sesuaian tadi. Untuk penyemangat saya mengutip kalimat yang diucapkan Steve Job: “Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan.” klop kan? Kalau tahun lalu gagal, mestinya kita pelajari kenapa kita gagal dan memperbaikinya ditahun ini…

Memotivasi diri
Kalau tahun kemarin cuma jadi guru biasa, rencanakan tahun ini bisa menjadi guru luar biasa dengan perspektif masing-masing. Kalau tahun kemarin income cuma dari gaji bulanan rencanakan tahun ini dari banyak sumber usaha yang sudah dirintis dari tahun sebelumnya. Kalau tahun kemarin belum bisa mengerjakan sholat berjamaah rencanakan tahun ini untuk bisa sholat berjamaah. Kalau tahun kemarin tahajudnya cuma “belang betong” (kadang kadang) usahakan tahun ini bisa lebih teratur lagi. Begitu seterusnya, selalu merencanakan perubahan lebih baik dan berusaha merealisasikannya mulai dari hari ini juga. Makanya pagi-pagi sekali saya menulis ini, karena menulis  merupakan bagian dari usaha saya untuk lebih baik.

Tapi kadang rencana itu tidak tercapai lantaran kita tidak melakukan persiapan yang matang, semuanya direncanakan hari itu dan dikerjakan saat itu juga, spontan. Memang itu lebih baik daripada tidak melakukan apapun, tapi hasilnya bisanya ya biasa saja. Berbeda dengan ketika kita melakukan persiapan dengan benar, pasti hasilnya pun lebih baik lagi. Cocok ya dengan apa yang diucapkan oleh pak Steve diatas, sukses itu terjadi karena persiapan.

Rencana juga bisa tidak tercapai dengan maksimal bahkan gagal lantaran tidak ada kerja keras untuk mewujudkan rencana tersebut. Untuk kerja keras ini yang paling susah, kita cepat lelah dan merasa capek untuk bekerja lebih keras lagi. Lebih enak tidur rasanya daripada menghabiskan separuh malam untuk usaha kita, padahal orang yang sukses hanya menikmati sejenak tidurnya.

Mau belajar dari kegagalan. Kata teman saya, gagal bukan berarti gagal. Gagal adalah belum berhasil, bukan berarti tidak berhasil. Ketika skripsi beberapa kali tidak berhasil ikut sidang, hingga kuliah S1 saya sampai 7 tahun. Itu semua lantaran tidak disiplinnya saya mengerjakan skripsi tersebut, dan setelah dikerjakan secara disiplin akhirnya bisa ikut sidang dan diwisuda, walau dengan IP pas-pasan. Intinya gagal bukan berarti harus mengibarkan bendera putih dan minta ampun, tapi berusaha terus sampai berhasil. Mudah-mudahan tahun 2014 yang gagal-gagal di tahun 2013 bisa segera kita  coba lagi dan berhasil. Amin.

Dan do’a setelah shalat lidaf’il bala’ tadi bisa menguatkan spirit untuk tahun baru ini lebih baik:

بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد واله وصحبه عدد صلوات المصلين عليه.
اللهم يا شديد القوى, ويا شديد المحال يا عزيز يا من ذلت لعزتك جميع خلقك اكفنى من شر
 جميع خلقك, يا محسن يا مجمل يا متفضل يا منعم يا مكرم يا من لا اله الا انت ارحمنى
 برحمتك يا ارحم الراحمين. اللهم بسر الحسن واخيه وجده وابيه وامه وبنيه اكفنى شر هذا اليوم
وما ينزل فيه يا كافى المهمات يا دافع البليات فسيكفيكهم الله وهو السميع العليم. وحسبنا الله ونعم
 الوكيل ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم.
اللهم اعصمنا من جهد البلاء ودرك الشقاء وسوء القضاء وشماتة الاعداء وموت الفجأة ومن
 شر السام والبرسام الحمى والبرص والجذام
والاسقام ومن جميع الامراض برحمتك يا ارحم الراحمين. وصلى الله على سيدنا محمد وعلى
 اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: