PR Mengajar Semester 2

notesLiburan kadang membuat terlena, melupakan tumpukan catatan pekerjaan yang sudah mengantri dalam notes mengajar semester depan. Antrian catatan pekerjaan tersebut saya sebut sebagai PR. Saya masih punya banyak PR untuk pekerjaan yang harus diselesaikan semester 2 ini. Untuk bidang studi non komputer yang saya pegang di sekolah dasar biasanya di semester 2 ini ada proyek untuk belajar diluar kelas, ini harus disiapkan dengan baik. Kalau tidak bisa gagak seperti tahun lalu. Untuk level SMP saya mempunyai pekerjaan menuntaskan beberapa proyek IT untuk kelas 9 yang harus segera dipadatkan di awal-awal semester. Sementara kelas 8 juga masih tersisa banyak PR proyek. Dan kelas 7 masih membutuhkan pendekatan belajar yang intensif untuk adaptasi ITnya. Kelas 10? Ini dia yang wanti-wanti harus menambah porsi KBM, sebab ada target kompetensi yang harus bisa dipraktikan siswa, artinya siswa harus “bisa”.

Bukan lantaran slogan “SMK Bisa” tapi ini lebih kepada tanggungjawab moril sebagai guru saja, malu rasanya kalau siswa tidak bisa mengaplikasikan apa yang sudah mereka dapatkan secara teori dan praktik. Kelas X ini targetnya (ini juga pesanan kepala sekolahnya) bisa membuat web. Pesanan yang memaksa guru dan siswa untuk lebih “giat” dalam belajar. Berat memang, terlebih latar belakang sekolah siswa dilevel SMP yang bermacam-macam.

Ada yang waktu SMP nya tidak mendapat mata pelajaran TIK sama sekali, sehingga mengenal komputer juga baru di SMK sekarang. Ada yang mendapatkan mata pelajaran TIK tetapi tidak pernah praktik dan baru merasakan praktiknya di SMK sekarang. Dan di rumahnya rata-rata mereka juga tidak memiliki komputer, ini tantangan beratnya, sebab ujug-ujug di SMK sekarang mereka diperkenalkan dengan pemrograman web.

Dan setelah 6 bulan tersebut saya mulai menemukan “siswa-siswa” yang mempunyai kelebihan untuk mata diklat pemrograman web, walaupun dia sempat “ngomel-ngomel” tempat sekolahnya dulu yang tidak memberinya mata pelajaran TIK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: