Merancang Pembelajaran Kreatif Untuk Siswa SD

merancang pembelajaran kreatifMerancang Pembelajaran Kreatif Untuk Siswa SD| Sebagai guru SD saya selalu penasaran dengan istilah-istilah pembelajaran kreatif, topik seperti ini bagi saya lebih menarik ketimbang hal-hal yang bersifat administratif seperti bagaimana membuat RPP, bagaimana membuat KKM dan sejenisnya. Bagi saya mengajar itu “alami” saja yang penting bagaimana si guru betah didalam kelas, dan siswa bisa menerima si guru. Soal RPP dan kloninya itu urusan Diknas. Lho? Dari hasil browsing saya mendapat ilmu lumayan banyak, mungkin setara dengan apa yang dilakukan orang saat workshop (kalau yang ikut workshopnya tidur). Tentang bagaimana merancang pembelajaran kreatif untuk siswa dari beberapa blog yang dikelola oleh para trainer pendidikan.

Ada tiga kalimat yang menjadi kekuatan dalam merancang pembelajaran kreatif yang saya peroleh dari rumahinsfirasi. Ketiga kalimat tersebut adalah:

  •     Orang dewasa fokus pada materi, anak fokus pada proses
  •     Orang dewasa memikirkan subtansi, anak melihat kemasan
  •     Orang dewasa mementingkan kedalaman, anak memilih hal yang menyenangkan

Dari ketiga kalimat tersebut, lupakan apa yang orang dewasa fokuskan, pikirkan dan pentingkan. Tapi mari kita lihat apa yang anak fokus, lihat, dan pilih. Yaitu tiga kata yang saya beri cetak tebal: proses, kemasan, dan menyenangkan.

Dalam KBM, ternyata anak lebih fokus ketika guru menjelaskan proses terjadinya sesuatu misalnya. Misalnya proses keju, yang dimulai dari apa bahannya? Bagaimana cara membuatnya? Manfaatnya apa? Bisa dibeli dimana? dan seterusnya. Kalau dalam sistem informasi ini bisa disebut sistem informasi keju, yang sebelum dibuatkan programmnya mesti dirancang DFDnya, mulai dari diagram nol sampai rinci. Untuk rancangan proses ini kita mesti tahu terlebih dahulu kata kunci materi yang akan diajarkan, atau dalam blogging biasa disebut key word. Kata kunci ini diambil dari silabus mata pelajaran yang ada melalui proses mindmap.

Mindmap yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris. (wikipedia)

Dalam pembuatan kata kunci ini kita bisa menggunakan Text2MindMap, yaitu sebuah website untuk membuat mindmap berbasis internet. Selain website tadi sebenarnya masih banyak lagi web yang dirancang untuk proses pembuatan mindmap seperti xmind.net, mindmeister.com, dan lainnya. Tapi text2mindmap lebih mudah digunakan, selain itu load-nya lebih cepat sekalipun digunakan bersama-sama.

Untuk tutorial penggunaan situs text2mindmap bisa dilihat pada video dari youtube ini:


Setelah membuat mindmap menggunakan text2mindmap, berikutnya mengaplikasikannya kedalam presentasi. Ini bisa dikerjakan menggunakan Microsoft PowerPoint. Dalam contoh ini misalkan kita mau membuat sebuah presentasi dengan mindmap “sapi” yang sudah dibuat menggunakan text2mindmap:

text2mindmap tenjocity.

Contoh presentasi sederhananya:

Selain membuatkan presentasi dalam bentuk slide di PowerPoint, guru juga bisa membuat bentuk presentasi dengan menggunakan bahan karton yang disebut LapBook. Bagi yang belum tahu, Lap Book adalah konfilasi kejadian dari topik yang sedang dipelajari. Semacam ensklikopedi.

contoh lap book

Cara membuat lap book bisa dipelajari melalui video tutorial dari youtube ini:


Dengan Merancang Pembelajaran Kreatif Untuk Siswa SD yang dari pembuatan MindMap, menuangkannya kedalam prsentasi, baik menggunakan slide PowerPoint maupun Lap Book diharapkan mampu memenuhi apa yang anak sukai yaitu proses, kemasan, dan menyenangkan.

Referensi:_rumahinsfirasi.com
_http://www.daramaina.com/2009/06/lapbook-apel-tree.html
_http://text2mindmap.com
_youtube

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: