Estimasi Biaya Pembuatan Web Sekolah

template web wordpress untuk sekolahEstimasi Biaya Pembuatan Web Sekolah|Liburan ini rencananya saya akan membuatkan web sekolah menengah kejuruan (SMK), tapi biayanya belum jelas. Untuk mengantisipasi biaya ini saya menggunakan alternatif CMS. Ada beberapa CMS yang biasa digunakan untuk membuat web sekolah, yang lokal biasanya CMS Balitbang, Formulasi atau Aura CMS. Dan yang sering dipakai lantaran benar-benar open source yaitu CMS Balitbang, selain itu suport forumnya juga bagus, bisa ada tempat buat ngadu kalau ada trouble. Tapi wordpress edu juga selalu menggoda saya, mungkin lantaran pertama kali kenal CMS ya wordpress. Jadi untuk sementara ada dua pilihan CMS, Balitbang dan WordPress.

Kok pake CMS? yang pertama alasan biaya, yang kedua ya kebutuhannya bisa diselesaikan dengan CMS. Maksunya, kalau nantinya web tersebut cuma digunakan untuk menampilkan informasi-informasi sekolah, kan cukup dengan CMS. Kalaupun nantinya mau dikembangkan dengan sistem informasi lainnya tinggal ditambahkan fitur hyperlink saja ke sub domain pada platform web untuk sistem informasi tersebut.

Misalnya platform web utama dibuat menggunakan CMS Balitbang atau wordpress dengan nama domain ‘http://smkbisa.sch.id, selanjutnya ketika ingin membuat e-learning sekolah, kita bisa menggunakan moodle dengan sub domain ‘http://elearning.smkbisa.sch.id. Begitupun kalau pas penerimaan siswa baru ingin membuat psb online kita bisa menggunakan sistem informasi psb online yang kita buat sendiri atau menggunakan yang sudah jadi dengan nama sub domain ‘http://psb.smkbisa.sch.id. Jadi setiap web sistem informasi semuanya dengan platform sendiri-sendiri dan nama sub domain sendiri-sendiri. Untuk menggabungkan platform-platform tadi dengan web utama, cukup menggunakan hyperlink pada page web utama.

Boros nama domain? Tidak juga, biasanya setiap pembelian paket hosting space tertentu akan mendapatkan bonus nama domain dan sub domain. Kalaupun harus beli, ya cuma 70 ribuan setahun, cuma nol koma sekikan persen dari dana BOS.

Hitung-hitung biaya
Berapa estimasi biayanya? Untuk beli hosting space profesional hosting (paket 500 mb) kalau saya cek di internet rata-rata harganya sekitar 500 ribuan, domain utama sekitar 60 ribuan (biasanya sih kalau membeli paket hosting 500 mb keatas akan mendapatkan domain gratis, tapi untuk estimasi kita hitung saja). Jadi total hosting plus domain estimasi biayanya sekitar 560 ribuan, ini bisa kurang kalau nantinya kita mendapatkan free domain dari pembelian paket hosting tadi.

Untuk biaya lain-lain? Biaya lain-lain misalnya untuk memberi upah si pembuat web, sebab sekalipun platformnya menggunakan yang gratis (open source) tetap saja harus ada orang yang mengerjakan dan mempunyai pengetahuan tentang web, minimal pengetahuan tentang seting menyeting. Untuk itu perlu dimasukan kedalam estimasi biaya, sebab nantinya selain seting menyeting ada banyak pekerjaan lainnya yang akan orang ini kerjakan seperti edit tampilan ( ini memerlukan keterampilan tersendiri), koneksi dan memenej data base, menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan sekolah, belum lagai kalau mau menambahkan fitur tambahan seperti e-learning, psb online dan lain sebagainya ini semua memerlukan skill sendiri. Jadi berapa harus menghargai orang ini? Ya tergantung dari berapa rupiah orang yang menangani hal teknis ini memberi tarif?

Jadi total estimasi biaya sementara untuk pembuatan web sekolah sekitar 560 ribuan diluar tarif orang yang membuatkan webnya. Kalau orang yang mau membuatkan webnya memberi harga 2 juta ya tinggal ditambahkan saja.  Kalau mau pake hosting gratisan biaya yang 560 ribu itu bisa dipangkas menjadi 60 ribuan saja, yaitu hanya untuk membeli domain saja.

Misalkan hostingnya ngehost di penyedia hosting gratisan idhostinger, tapi space bandwithnya tentu terbatas. di idhostinger sendiri space bandwith untuk free hosting 100 mb, sebenarnya lumayan besar untuk web yang hanya menampilkan informasi statis dan tidak memerlukan pengarsipan. Tapi untuk tujuan jangka panjang lebih baik menggunakan hosting berbayar.

______
Ket gambar ilustrasi: template lexington dari http://designreflect.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: