Hubungan Hyperlink Dengan Bounce Rate

hyperlink and bounce rate tenjocity.wordpressHubungan Hyperlink Dengan Bounce Rate| Kita biasa menggunakan hyperlink utuk link page, atau link lainnya. Tujuanya sederhana, untuk membuat hubungan (link). Tapi ternyata hyperlink juga berpengaruh terhadap bounce rate blog atau website kita. Bagi yang belum tahu, bounce rate adalah seberapa lama orang ketika berkunjung ke blog/website kita, apakah mereka datang lalu pergi lagi karena tidak menemukan sesuatu yang mereka inginkan, atau mereka datang dan berlama-lama berada di blog/web kita karena menemukan banyak hal yang mereka inginkan. Banyak hal yang mempengaruhi bounce rate, seperti konten yang tidak memadai, kecepatan load, fitur, kebanyakan iklan dan banyak lagi. Termasuk hyeprlink salah satunya. Nah, Hyperlink ini ternyata berpengaruh terhadap seberapa lama orang berada di dalam blog/web kita.

Misalkan kita membuat sebuah artikel, dan didalam artikel tersebut kita mencantumkan situs referensi dari artikel yang kita buat, tentu kita akan memberikan sebuah hyperlink tentunya. Nah, kalau kita tidak jeli dalam membuat hyperlink ke situs referensi tersebut maka dipastikan ini adalah celah untuk membuat pembaca/pengunjung lari dari blog kita, dan ini bounce rate tentunya. Lho, kok bisa?

Hyperlink yang kita buat tersebut adalah pintu keluar dari blog kita
Misalkan, pembaca ingin tahu sumber referensi tulisan, dan dia tergoda untuk meng-klik  situs yang sudah kita butakna hyperlinknya tadi, dan jadilah pengunjung beralih ke situs referensi, otomatis pengunjung blog kita beralih ke situs refeensi tersebut. Dan ketika disitus yang baru mereka klik tadi menemukan banyak artikel yang mereka inginkan otomatis dia tidak akan teringat untuk kembali ke blog kita. Untuk itu dalam pembuatan hyperlink kita harus sebijak mungkin. Alih-alih berbagi trafik dengan situs orang lain, malah memeberikan trafik kita pada situs orang lain.

Penulisan kode Hyperlink

<a href=”http://www.mulyaditenjo.com>MulyadiTenjo.Com</a>

Penulisan kode hyperlink diatas, nanti outputnya seperti ini:

MulyadiTenjo.Com

Jika di klik, maka pengunjung akan dibawa ke blog mulyaditenjo.com pada jendela yang sama. Otomatis tampilan blog ini segera berganti ke tampilan blog mulyaditenjo.com, ini tentu merugikan page view blog ini karena pengunjung dibawa lari ke blog mulyaditenjo.com. Dan kemungkinan pengunjung untuk kembali lagi ke blog ini sangat kecil, karena jejak blog sudah hilang. Bisa saja, untuk kembali pengunjung menekan tombol back pada browser yang mereka gunakan, tapi jarang sekali orang melakukannya.

Penluisan kode hyperlink seperti diatas, boleh dilakukan jika tautannya masih dalam satu blog. Ini supaya pengunjung tetap berlama-lama di blog kita.

Hyperlink New Windows

<a href=”http://www.mulyaditenjo.com” target=”_blank”>Membuka blog mulyaditenjo.com di jendela baru</a>

Penulisan kode hyperlink diatas, nanti outputnya seperti ini:
Membuka blog mulyaditenjo.com di jendela baru

Berbeda dengan penulisan kode hyperlink yang pertama, kode hyperlink new windows ini akan membawa pengunjung ke jendela baru. Artinya, ketika pengunjung meng-klik hyperlink new windows mereka akan dibawa ke situs lain tetapi pada jendela baru. Ini memungkinkan pengunjung bisa kembali ke blog kita.

Berapa banyak Hyperlink di blog kita yang merugikan?
Bagi yang suka menampilkan banyak iklan di blognya maka ini akan memicu bounce rate, kerna kode hyperlink yang dibuat untuk iklan semuanya dibuka dijendela yang sama, tidak ada link iklan yang dibuat dengan hyperlink new windws. Ini tentu merugikan page view, terlebih kalau pay per click dari iklan tersebut sangat kecil, kecuali ppc nya gede, tidak masalah tentunya.

Maka ketika hendak membuat sebuah hyperlink, lebih baik menggunakan hyperlink new windows. Kecuali hyperlink tersebut dirasa menguntungkan kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: