Membuat Film Animasi Pendek Dengan PowerPoint “One Again”

ONE AGAINMembuat Film Animasi Pendek Dengan PowerPoint “One Again”| Bagi rekan guru yang masih ngajar TIK di sekolah dasar (yang sekolahnya cuek sama kurikulum 2013), bisa mencoba membuat satu kreatifitas bersama siswanya untuk membuat film-film animasi pendek menggunakan Microsoft PowerPoint. Ini bisa diberikan kepada siswa kelas 6, mungkin juga kelas dibawahnya. Kalau di sekolah tempat saya mengajar, PowerPoint diberikan di kelas 6. Nah, bagaimana cara membuat film animasi pendek dengan Microsorft PowerPoint tersebut? Simak proses pembuatannya yang sangat sederhana ini…

Anggap saja ini proyek amatir dari sebuah industri film asal jadi di sekolah (hehe, maaf nama proyeknya bisa diganti), guru memberikan proyek kepada siswa kelas 6 untuk membuat film-film animasi yang dibuat dengan menggunakan PowerPoint. Ide ceritanya bebas, model gambar atau objeknya juga bebas bisa membuat sendiri di Paint atau kalau sudah diajarkan Photosop bisa pake Photosop. Kalau tidak mau ribet, bisa mencari objek-objek menarik yang bisa ditemukan dengan mudah di internet. Ada banyak sekali situs yang menyediakan objek kartun menarik yang bisa digunakan sebagai tokoh dalam film nantinya, baca di tutorial sebelumnya , atau bisa juga menyiapkan sound sebagai backsong film tersebut baca di tutorial ini.

Proses

  • Siapkan kelompok-kelompok kecil, minimal 2 orang siswa dan maksimal 4 orang siswa. Anggap saja mereka adalah crew dari proyek ini.
  • Berikan workshop singkat tentang tips dan trik membuat animasi di Powerpoint. Durasi workshop maksimal 3 kali pertemuan, bisa dimasukan kedalam jam pelajaran atau diluar jam pelajaran.
  • Berikan contoh-contoh film animasi yang dibuat dengan Powerpoint, referensinya bisa dari internet atau dari modul yang sudah dibuat oleh gurunya. Atau baca di tutorial yang ini.
  • Kalau semua iswa siswa sudah bisa membuat beberapa cuplikan animasi pendek di PowerPoint, saatnya untuk memberikan proyek pembuatan film.
  • Jangan dibuat serius, santai saja. Biarkan siswa dengan segala ide-ide “fresh” nya berkreasi sendiri untuk membuat alur, tokoh, musik pengiring, dan seterusnya.
  • Dan terakhir, saatnya melihat film-film yang sudah dibuat siswa.

Singkat amat prosesnya? Begitulah, jangan terlalu di dramatisir seperti membuat RPP ketka guru mau mengajar. Biasa saja, santai seperti di pantai. Yang penting siswa sudah diberikan pengetahuan yang cukup tentang bahan-bahan yang akan mereka kerjakan dalam proyek, seperti skill, knowledge, dan penyemangat.

Untuk contoh, saya akan memberikan sebuah film animasi pendek menggunakan Microsoft PowerPoint, yang saya beri judul “One Again”. Ide ceritanya sederhana, kartun ponsel hendak menuruni tangga, dan berhasil, tapi kandas ditangga yang terakhir. Mau tau seperti apa filmnya? Silahkan downlod dibawah ini

Download slide film animasi “one againt” disini

4 Responses to “Membuat Film Animasi Pendek Dengan PowerPoint “One Again””

  1. mudah jg ya buat animasi di powerpoint
    makasih sob!

  2. makasih… ternyata mudah ya..

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: