Membuat Simulasi Pembelajaran Menggunakan PowerPoint

Membuat Simulasi Pembelajaran Menggunakan PowerPointMembuat Simulasi Pembelajaran Menggunakan PowerPoint| Untuk rekan-rekan guru yang sedang belajar membuat media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint, berikut saya share tutorial singkat membuat simulasi pembelajaran dengan PowerPoint. Pada tutorial singkat ini saya akan membuat sebuah simulasi keseimbangan berat (materi pelajaran apa ya?). Pada simulasi ini saya ingin menggambarkan, anggap saja ini storyboardnya,  ada sebuah ungkit-ungkit (tempat bermain anak) dimana diukung benda tersebut ditaro masing-masing balok berukuran 20 Kg. Dengan berat benda yang sama dimasing-masing ujung ungkit-ungkit membuat posisi ungkit-ungkit pada posisi horisontal. Tetapi ketika salah satu ujungnya ditambah lagi balok dengan ukuran yang sama, ungkit-ungkit tersebut berubah posisi, ujung yang paling berat berada diposisi bawah, begitu seterusnya. Mari simak contoh simulasi sederhanannya….

Persiapan

  • Masuk ke jendela kerja Microsoft PowerPoint, pada contoh ini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2007.
  • Pilih Layout Blank (ini cuma pilihan saya saja), kemudian pilih Design sesuai keinginan. Pada latihan saya memilih tampilan metro (warna hitam mengkilap).
  • Untuk membuat objek (ungkit-ungkit, dan balok) kita tinggal memanfaatkan fasilitas Shapes. Lalu pilih Rectangle dan Cube, bentuk sesuai model yang kita inginkan.
  • Untuk Effect, saya cuma menggunakan Motion Patch – Turn Down, ini digunakan untuk memberi efek balok seperti turn down.
slide 1

Slide 1

slide 2

slide 2

Slide 3

slide 3

slide 34

slide 5

Slide 5

slide 6

Slide 6

slide 7

Slide 7

Dan untuk contoh dari simulasi yang dibicarakan, silahkan download disini via google drive (klik untuk mendownload simulasi)

Nah, tutorial singkat ini hanyalah konsep dasarnya saja, silahkan berkreasi sesuai kebutuhan model pembelajaran masing-masing. Tambahkan trik-trik lainnya agar tampilan slide yang kita buat menjadi semakin aktraktif. Selamat berlatih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: