Membuat Animasi Mobil Berjalan Dengan PowerPoint

membuat animasi mobil bergerak dengan powerpointMembuat Animasi Mobil Berjalan Dengan PowerPoint|Membuat animasi memang lebih mudah jika kita menggunakan aplikasi yang khusus, misalnya saja flash mx atau minimal stykz, studio anime dan masih banyak lagi tentunya. Tapi untuk mengajar siswa Sekolah Dasar kita cukup menggunakan aplikasi yang sudah ada, misalnya saja Microsoft PowerPoint. Dengan aplikasi paket Office ini kita bisa membuat animasi-animasi sederhana yang menarik, misalnya saja mobil bergerak. Memang hasilnya tidak halus, tetapi untuk materi komputer tingkat dasar ini akan menjadi materi yang cukup menarik dan membuat lab komputer rame (maksudanya rame sama ketawa anak-anak). Seperti apa contoh animasi mobil bergerak yang kita buat dengan powerpoint ini? Mari kita lihat…

Persiapan
1. Buat layout sederhananya dulu, misalnya kita akan membuat mobil maju ke kanan melewati gedung.
2. Kalau mau pake sound siapkan sound yang menyerupai suara mobil, bisa download di situs ini ‘http://www.soundboard.com/sb/Free_Powerpoint_Sound_Cli
3. Tentukan gambar mobilnya bisa download di internet mobil.

Untuk latihan kali ini, kita hanya akan membuat contoh sederhananya saja, animasi mobil kita gunakan gambar mobil di clipt art saja dan idak menggunakan sound. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke jendela kerja PowerPoint2. Buat siluet gedung, menggunakan Tool Insert – Shapes – Rectangle. Lihat contoh dibawah….

layout mobil

3. Klik Insert – Clipt Art – Pilih gambar mobil. Kemudian tempatkan diposisi sebelah kiri slide.

setep 2

3. Klik New Slide – Pilih Blank

step 3

4. Letakan kursor di Slide 1, Tekan CTRL + A  dan CTRL + C pada keyboard (untuk mengkopi semua)
5. Letakan kursor di Slide 2, Tekan CTRL + V (untuk menempel hasil kopian di slide 1)
6. Geser gambar mobil ke sebelah kanan, sedikit demi sedikit.

step 4

7. Lakukan seperti langkah 6, sampai mobil berada di posisi sebelah kanan.

step 5

8. Pada Slides (deretan slide di sebelah kiri) tekan tombol CTRL + A untuk mengaktifkan semua frame slide yang sudah dibuat
9. Kemudian klik Animations – hilangkan ceklis pada On Mouse Click – beri centang pada Automatically After…(untuk latihan isi 00:00:01)

step 6

8. Tekan F5, untuk menjalankan slide. dan lihat hasilnya mobil bergerak ke kanan.

Agar laju mobil lebih halus, buat frame slide lebih halus. Artinya potongan-potongan gerakan slidenya lebih banyak, berarti pula lebih banyak pula slide yang dibuat. Pada contoh saya membuat 14 frame slide.  Download contoh disini (klik)

Pembuatan animasi sederhana ini selain untuk materi mengajar siswa SD, juga bisa kita gunakan untuk pembuatan simulasi materi mengajar dalam slide pembelajaran interaktif. Semakin kreatif, maka semakin bagus pula model animasi yang dihasilkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: