Safe Browsing Untuk Anak Kita

Safe Browsing Untuk Anak Kita|Bagi para orang tua yang takut terjadi apa-apa dengan anaknya lantaran mendapat sesuatu yang tidak baik saat browsing, bisa mencoba beberapa tips sederhana yang bisa dipraktikan di rumah. Tips ini sebenarnya merupakan rangkuman beberapa tulisan saya yang sudah saya posting di blog ini yang saya arsipkan dalam page panduan berinternet untuk anak. Kita ketahui bahwa internet saat ini sudah ada dimana-mana, bahkan dengan semakin murahnya smartphone internet saat ada dalam genggaman. Karenanya anak-anak kita tidak mungkin terhindar dari sosialita internet, dan itu perlu diwaspadai (dalam artian tidak berlebihan). Sebagai orang tua wajar-wajar saja jika menereakan model safe browsing, atau bahasa sedehanannya browsing aman.

Tips sederhana safe browsing untuk anak :
Sebelum menerapkan aturan, ada baiknya pahami dulu gelagat anak. Jika ada hal-hal yang mencurigakan, sebaiknya segera berkomunikasi dengan anak kita. Berikan pemahaman positif dan negatif intrnet, berikan pula hal-hal positif yang bisa anak lakukan saat browsing. Setelah itu baru buat aturan, jadwal dan seterusnya, tentu semua itu harus disepakati oleh anak kita, bila perlu mintalah masukan tentang atura yang sudah dibuat tersebut.
Pada tulisan Panduan wajib bagi orang tua saat anak berinternet saya sudah memberikan beberapa gambaran mengena hal-hal apa saja yang mesti orang tua lakukan pada anaknya mengenai internet ini. Silahkan baca!

Berikutnya, saya juga pernah menulis tentang beberapa siftware yang bisa digunakan untuk blok situs berbahaya, dan aturan berinternet lainnya yang bisa diseting melalui siftware tersebut. Baca tulisan tentang merekam aktivitas berkomputer anak.

Selain panduan dan software tersebut, ada lagi satu software yang bisa digunakan untuk safe browsing anak kita. Nama softwarenya safe eyes. Software  ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk langkah preventif. Banyak fitur menarik dari safe eyes, bukan cuma kemampuannya dalam memblokir situs dan manajerial waktu akses, tapi software ini juga memberikan laporan mengenai situs apa saja yang sudah dikunjungi anak bahkan menampilkan percakapan mereka saat chat.

Safe Eyes bisa di download langsung di situsnya, internetsafety.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: