Proyek Untuk Kelas IX (SMPI Nida El-Adabi)

Tadi pagi saya ada jadwal mengajar di kelas IX, dan saya memberikan proyek rame-rame (kelompok) berupa pembuatan website berbasis CMS WordPress. Proyek ini harus selesai sebelum UAS semester ganjil tahun ini, ada waktu sekitar 2 minggu. Dan ini merupakan ujian praktik dari UAS itu sendiri, artinya saya akan mengambil nilai UAS dari hasil proyek tersebut. Saya berharap anak-anak mampu mengerjakannya tepat sesuai waktu yang ditentukan. Dan gambaran umumnya sudah saya jelaskan tadi pagi, seperti pembuatan jadwal pengerjaan proyek dan beberapa hal yang harus mereka kerjakan. Saya ingin memberikan pembelajaran yang riil yang nantinya bisa mereka temukan pada saat pengerjaan proyek, seperti mengatur jadwal pengerjaan, membagi tugas, prose membeli domain, transfer pembayaran via ATM atau e-Banking, seting domain, hosting dan seterusnya. Dengan proses pembelajaran yang riil seperti itu saya berharap anak-anak bisa belajar mandiri dan bertanggungjawab, dan mendapat pengalaman berharga lainnya. Selain tujuan pokok tentunya.

Beberapa menit sebelum istirahat, anak-anak sudah terlihat sibuk. Mulai menyiapkan nama domain yang akan mereka gunakan. Dan selalu ada perdebatan ketika salah seorang ingin nama domain tertentu sementara yang lainnya ingin yang lain pula. Begitulah, ketika pada masanya nanti ketika mereka sudah bekerja mereka juga akan bekerja dengan tim, dengan orang lain dan ini mudah-mudahan menjadi pembiasaan.

Mereka juga sudah mulai mencari-cari rumah hosting di google, dan mulai registrasi untuk pemesanan nama domain. Dan mulai bertanya pak ini bagaiman, caranya bagaimana dan seterusnya…

Tinggalkan Balasan

