Tips Membuat Website Untuk Sekolah (Tanpa Biaya Mahal)

Tips Membuat Website Untuk Sekolah (Tanpa Biaya Mahal)| Website saat ini saya pikir sudah menjadi kebutuhan, walaupun masih banyak pula yang mengesampingkan media yang satu ini lantaran beberapa alasan. Misalnya, lantaran lingkungan yang belum mendukung, belum mengetahui manfaat, gaptek, atau biaya yang tak ada. Yang terakhir biasanya sering dijadikan alasan utama sekolah-sekolah untuk tidak lekas membuat webnya. Untuk alasan biaya sebenarnya bisa disiasati dengan tips berikut ini:

  1. Membuat website sendiri. Saya yakin disetiap sekolah saat ini pasti ada saja guru yang melek internet. Dengan melek internet tersebut guru tersebut bisa belajar dari artikel-artikel di blog orang lain tentang cara pembuatan website sekolah, atau dengan mendownload free ebook tentang cara pembuatan web sekolah yang mudah ditemukan di internet. Kalau tidak paham, bisa berkonsultasi lewat forum IT guru yang juga mudah ditemukan di internet. Dari artikel atau ebook tadi mulailah belajar membuat sebuah website sekolah, jika ada kendala kembali ke forum tadi dan begitu seterusnya sampai bisa.
  2. Gunakan CMS yang dibuat khusus untuk web sekolahan. Misalnya CMS Balitbang, Formulasi, Aura CMS, dan banyak lagi. Tinggan instal, seting sedikit, upload ke hosting. Memang tidak semudah itu, tapi jika tidak mencobanya maka tidak akan pernah bisa membuat web sekolah dengan CMS sekalipun. Selalu ada forum untuk masing-masing pengguna CMS tadi, jadi manfaatkan forum ini untuk belajar banyak.
  3. Manfaatkan blog gratisan untuk alternatif. Platform blogger dan wordpress masih yang terbaik saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan website berbasis blog. Untuk membuat web dengan platform blogger dan wordpress tidak begitu sulit, malah cenderung mudah. Yang diperlukan adalah konsep awal dan mulai melakukan pembuatan. Selain itu, citra rasa akan disain menjadi kelebihan tersendiri dalam menentukan baik tidaknya tampilan.
  4. Maksimalkan konten. Jika website sudah dibuat maka berikutnya maksimalkan isi, jangan biarkan website sekolah seperti rumah kosong tak berpenghuni. Buat apa sekolah bersusah payah membuat website, jika tidak pernah “mengisinya”. Toh yang diperlukan oleh publik dari web sekolah tersebut adalah seberapa banyak informasi yang bisa mereka dapatkan, dan seberapa penting pula informasi tersebut bisa dengan cepat mereka peroleh.

Demikian Tips Membuat Website Untuk Sekolah (Tanpa Biaya Mahal) ini mudah-mudahan memberi pencerahan. Selamat mencoba!

One Comment to “Tips Membuat Website Untuk Sekolah (Tanpa Biaya Mahal)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: