Belajar Membongkar Laptop (Sesi Cerita)

membongkar laptop

Gambar milik teknisilaptop-indonesia.blogspot.com

Tadi pagi ada siswa saya yang “ngerengek” minta tolong lantaran laptopnya bunyi terus pas waktu dinyalakan. Akhirnya saya coba berbaik hati (cie…) dan melihat-lihat laptop siswa saya tersebut, siapa tahu bisa memperbaikinya. Maklum sekalipun saya ngajar dibidang IT bukan berarti saya langsung bisa “membetulkan” trouble, apalagi pada laptop. Akhirnya saya coba konsultasi sama teman yang pekerjaan sehari-harinya sebagai teknisi komputer, itupun lewat chating di Facebook. Dia ngasih tahu, biasanya kalau laptop gejalanya seperti yang saya sebutkan tadi troublenya bisa di hardisk, bisa di RAM. Persis seperti yang saya duga, dan saya baca dari internet (hihi, lagi-lagi internet). Tapi saya belum terbiasa kalau harus buka laptop, akhirnya saya nanya lagi sama teman, dan teman saya cuma nyaranin buka pake obeng, dan baca panduannya, katanya download aja. Hihi, la iyalah pake obeng masa pake tang. Akhirnya saya ikutin saran teman saya tersebut, itung-itung dapat media buat belajar kata saya. Begitulah, cerita ini sepintas biasa saja. Tapi, bagi saya ada beberapa pelajaran yang bisa di share. Pertama saya memanfaatkan internet untuk berkomunikasi (lewat facebook tadi), dan sekaligus media belajar (saya download simulasi cara bongkar laptop di youtube), dan yang ketiga lewat blog ini saya bisa menceritakan kembali pengalaman belajar saya pada orang lain.

Chating
Fasilitas ini dari dulu memang jadi pilihan pavorit. Sebab kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, nanya apa saja. Kalau dulu saya sering menggunakan YM, atau mIRC. Tapi ketika ada facebook, saya lebih asyik menggunakan fasilitas chating yang ada di facebook. Termasuk percakapan tadi…

chat scr

Youtube
Youtube memang seperti kelas dalam sebuah sekolahan, atau ruang belajar di tempat kursus, atau mungkin ruang kuliah secara online, dan guru atau dosennya siapa saja. Bisa yang bertitel sarjana, bisa pula yang masih berseragam abu-abu, atau bisa pula yang entah berantah. Tapi kita tidak melihat siapa yang memberikan informasi, yang kita lihat adalah manfaat dari informasi yang mereka berikan dalam bentuk video tutorial. Dan ini besar sekali manfaatnya…

Termasuk yang ini ni…
Link ini seperti ruang belajar luar biasa bagi saya untuk kursus singkat membongkar laptop.

Lihat salah satu videonya:

Pelajaran buat siswa
Nah, bagi siswa. Terutama siswa saya di SMK Nida El-Adabi, manfaatkanlah internet dengan baik. Kalaupun suka banget dengan Facebook, carilah sahabat-sahabat yang bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam skil tertentu. Bukan pilah-pilah teman sih, tapi karena kalian lagi belajar ya carilah teman yang bisa memberi banyak manfaat buat kalian. Begitupun dengan youtube, carilah video-video tutorial yang mendukung materi pembelajaran yang sudah diberikan guru ketika di kelas.

Oke, selamat mengambil banyak manfaat dari internet siswa-siswa semuanya!

Tinggalkan Balasan

