Ngajar Pake Blog

Gambar dari teachub.com

Gambar dari teachub.com

Tadi pagi saya mendapat jam pertama sampai jam 10.30, lumayan 4 jam bisa melakukan banyak hal dengan siswa saya. Materinya perakitan. Dan di blog saya ini banyak juga tulisan tentang materi perakitan dan tulisan lainnya tentang komputer. Jadi saya tidak perlu lagi menulis di papan tulis atau membuat slide apalagi kudu bawa-bawa buku, cukup buka laptop, pasang infokus, koneksi internet dan buka blog saya ini. Saya tinggal menerangkan materi yang sudah saya tulis tersebut, satu lagi anak tinggal kopi kalau yang mau. Sisanya saya habiskan buat praktik saja, setelah sebelumnya melihat video simulasi materi di blog saya yang saya dapat dari youtube.

Kelihatannya enak , tapi tetap saja ada kendalanya
Apa yang saya paparkan diatas kesannya enak banget, ngajar pake blog. Nyatanya bukan tanpa kendala. Ada saja kendala yang saya temukan, baik dari respon siswa, maupun dari perangkat-perangkat tadi.

Pertama, siswa saya kadang suka ketawa, dikira saya promosi biar hit blog saya nambah. Untuk yang ini saya juga cukup menjawabnya dengan ketawa saja. Promosi? Hihi, blog saya sudah ada pembacanya kok. Kalaupun memang benar saya promo tujuannya tak lain agar mereka (baca: siswa) bisa mengenal blog, mengakses sendiri informasi yang bisa saja itu adalah materi yang akan saya sampaikan di kelas.

Kedua, masalah koneksi internet. Ketika melihat video simulasi perakitan, tiba-tiba akses internetnya “lemot”. Ini mungkin masalah teknis saja, kalau mau menyiapkan video tersebut sebenarnya bisa di download dulu sebelumnya.

Jadi, saya tetap merasa asyik menulis banyak hal di blog saya ini, terutama yang berkaitan dengan materi mengajar saya…..

One Trackback to “Ngajar Pake Blog”

Tinggalkan Balasan

