Saya Pikir TIK Itu Masih Sangat Penting

Gambar pinjem dari: http://blog.ub.ac.id/

Tulisan ini bukan mau “mengu ngkit-ngungkit” kembali tentang kurikulum 2013 terkait mata pelajaran TIK yang di [DELETE] Pemerintah dan kadung di syahkan pula. Tulisan ini sekedar berbagi saja apa yang saya temukan di kelas terkait mata pelajaran TIK. Begini,  Yayasan yang mengelola lembaga pendidikan tempat saya mengajar mengembangkan lembaga dengan membangun sekolah lanjutan tingkat menengah kejuruan (SMK). Dan tahun ini saya diberi tugas (pula) untuk mengajar dua mata diklat pemrograman web dasar dan perakitan komputer, dan saya pun mulai mengajar dua mata diklat tersebut setiap selasa dan rabu, sisanya tambahan praktik di hari sabtu. Ada hal yang menarik, ketika saya berhadapan dengan siswa-siswa di kelas X tersebut. Menariknya adalah…

Ternyata siswa-siswa saya tersebut banyak yang masih gagap komputer. Parahnya masih banyak yang belum tahu caranya menghidupkan dan mematikan komputer. Ini menjadi pekerjaan lumayan berat bagi saya dan guru-guru produktif lainnya. Bagaimana tidak, kamu harus menuntaskan SK/KD persemesternya sementara kami juga harus menuntun siswa-siswa saya mulai dari dasar komputer (mematikan-menghidupkan komputer) padahal materi yang seharusnya saya ajarkan adalah materi yang diberikan kepada mereka yang sudah mengerti dasar komputer.

Kenyataan tersebut memang sudah diprediksi dari awal, maklum banyak siswa yang datang dari peloksok, dan ketika di SMP pun mereka tidak mendapati pembelajaran TIK. “Saya gak diajarin komputer pak, ada praktiknya setahun sekali itu pun gak jelas!” kata Dewi, siswa saya yang ketika di Tsanawiyahnya mengaku tidak mendapatkan pembelajaran TIK yang benar.

Setelah saya “ngobrol-ngobrol” dengan siswa-siswa saya tersebut, kebanyak mereka tidak mendapatkan pembelajaran TIK yang cukup ketika di SMP. Ini menjadi fakta baru bagi saya bahwa mata pelajaran TIK itu masih sangat penting buat anak-anak Indonesai. Akan sangat “ironis” ditengah zaman yang sudah mobile ini masih ada anak-anak lulusan SMP yang tidak bisa menyalakan dan mematikan komputer.

Pemerintah boleh berdalih bahwa anak-anak SD sekarang sudah pintar-pintar mengenai IT hingga kurikulum memangkas mata pelajaran TIK, tapi kenyataanya masih sangat banyak anak-anak yang dari peloksok terutama yang belum bisa menggunakan perangkat komputer lantaran keadaan ekonomi dan ketika di sekolahnya pun fasilitas untuk itu tidak ada. Begitulah satu fakta yang saya temukan, mungkin hanyalah sedikit saja dari ribuan fakta lain tentang masih ada anak lulusan SMP yang gagap komputer

One Trackback to “Saya Pikir TIK Itu Masih Sangat Penting”

Tinggalkan Balasan

