Belajar Instalasi Windows + Office (Materi Perakitan SMK)

Gambar pinjem dari hotfrog.com.au

Bagaimana sih cara menginstal komputer? Tak beda jauh dengan proses perakitan pada komputer, menginstal komputer juga memerlukan pengetahuan yang cukup agar ketika proses instalasi tidak terhambat lantaran kebingungan ditengah jalan (bukan ditengah jalan raya maksudnya hehe). Dan tak beda jauh dengan proses perakitan, yang diperlukan dalam belajar menginstal ini yang diperlukan selain pengetahuan tadi yaitu yang pertama media, yang kedua keberanian melakukan instalasi sendiri jangan minder atau takut rusak, yang ketiga kalau gagal berani mencoba lagi alias tidak kapok. Setidaknya itu kata teman saya yang teknisi komputer. Dan karena kita sedang memberikan materi untuk siswa maka setidaknya ada beberapapersiapan yang harus dilakukan siswa ketika ingin menginstal komputer. Setidaknya ada tujuh persiapan yang harus dilakukan, yaitu:

A. Persiapan

  1. Cek kelengkapan perangkat keras komputer (hardware). Maksudnya, apakah semua hardware sudah tertancap dengan benar? Hal ini diperlukan agar ketika proses instalasi semua hardware bisa langsung terbaca oleh sistem operasi, seperti karu jaringan, dan lainnya. Langkah ini setidaknya sudah dikerjakan pada tahapan penanganan masalah di materi perakitan komputer posting kemarin (silahkan lihat yang bagian D).
  2. Kita mau instal baru atau instal ulang? Prosesnya akan beda, untuk instal baru “cenderung” (maaf bahasa ini ada penggantinya gak ya biar gak formal banget?) lebih mudah karena si komputer belum memliki sistem operasi. Berbeda dengan proses pada instal ulang, kita mesti memperhatikan aplikasi lain dan data-data yang perlu diselamatkan (backup). Minimal data-data penting sudah disimpan dalam partisi yang berbeda dengan lokasi partisi untuk instal ulang nantinya.
  3. Mau pake sistem operasi apa nih? Apakah mau pake SO berbayar seperti Windows atau yang open source seperti ubuntu dan keluarga Linux lainnya? Kalau Windows juga mau pake yang mana? XP, Vista, 7 atau 8? yang berapa bit, 32 atau 64?  Jangan lupa siapkan CD originalnya dan catat serial numbernya di kertas dan tempatkan di dekat CD/DVD driver biar pas waktu boot dan meminta serial tidak mencari-carinya lagi (hihi). Ini spele tapi penting.
  4. Siapkan CD Driver lainnya. Ketika proses instalasi OS selesai dan sudah tampil di layar bukan berarti proses instalasi selesai sampai disitu. Kita mesti menginstal driver lainnya, seperti driver VGA, sound card, dan driver piranti lainnya. Driver-driver biasanya satu paket ketika kita membeli perangkat keras (hardware) komputer, itu juga kalau membelinya satu paket komputer. Kalau beli satuan dan beda-beda toko ya tidak dapat lah, tapi jangan khawatir driver-driver tadi tinggal download aja di internet.
  5. Software aplikasi dan utility. Kalau sudah instal driver saatnya menginstal aplikasi seperti Office, dan aplikasi lainnya yang diperlukan. Biasanya kita juga memerlukan aplikasi tambahan seperti PDF reader, winamp, dan lainnya.

Nah itu dia tahap persiapan sebelum kita mau melakukan instalasi pada komputer, persiapan yang baik akan mempermudah proses selanjutnya.

B. Instalasi WIndows 7
Kali ini kita belajarnya pake windows 7 saja, lumayan baru walau sudah ada versi windows berikutnya yaitu windows 8. Tapi kebanyakan masih pada pake windows 7, karena windows 8 katanya ribet dan agak berat (entahlah, saya belum pake windows 8 itu baru kata orang). Untuk bahan belajar silahkan lihat video tentang tutorial instal win 7 dari youtube yang di upload oleh mas Rukmana Mulya berikut:

Nah, sebenarnya dengan melihat video tadi juga kita sudah punya gambaran bagaimana langkah demi langkah menginstal windows 7 tersebut. Dan yang kalau video tersebut terlalu cepat bisa belajar menggunakan manual tutorial nya yang saya dapatkan dari http://ict.unsri.ac.id/.
Download tutorial instal windows 7 (klik kalau mau download).

C. Instalasi Driver
Setelah sukses (cie bahasanya sukses) menginstal OS, saatnya kita menginstalasi driver-drivernya. Untuk OS Windows 7 dan mungkin OS diatasnya untuk beberapa hardware ada yang langsung kebaca, berarti ini mengurangi pekerjaan kita yang tidak usah repot-repot lagi menginstalasi driver. Tapi banyak pula yang tidak langsung kebaca, untuk yang ini kita mesti menginstalasi driver. Driver apa saja yang biasa di instalasi setelah kita menginstal OS?

  • Driver Chivsat
  • Driver VGA
  • Driver Soundcard
  • Driver WiFi dan lainnya.
  • Biasanya driver-driver ini sudah tersedia ketika kita membeli perangkat hardware dari toko komputer.

Biasanya driver-driver tadi sudah tersedia dalam paket pembelian hardware dari toko komputer. Dan yang tidak memiliki driver, bisa mendownloadnya di situs berikut:

D. Instalasi Office dan Utility
Setelah semua driver terinstalasi, berikutnya kita akan menginstalasi aplikasi office. Kali ini yang akan kita instal adalah office 2007 dan office 2010. Simak video tutorial instalasi office tersebut yang saya dapat dari youtube.
Vide tutorial instalasi office 2007

Video tutorial instalsi office 2010

Untuk manual tutorial offiice 2007, silahkan download disini.
UNtuk manual tutorial office 2010 , silahkan download disini.

Demikian belajar menginstal kali ini. Posting berikutnya kita akan belajar trouble….

One Trackback to “Belajar Instalasi Windows + Office (Materi Perakitan SMK)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: