Belajar Merakit Komputer Sendiri (Materi Perakitan Komputer SMK)

Gambar minjem dari:anggunggumala.wordpress.com

Belajar Merakit Komputer Sendiri (Materi Perakitan Komputer SMK)-Apa itu merakit komputer? Merakit komputer pada dasarnya tak lebih dari proses menggabungkan antara komponen komputer yang satu dengan komponen komputer lainnya. Komponen tersebut adalah perangkat keras, atau kita lebih akrab menyebutnya Hardware (bahasa bule hehehe). Keberhasilan dari proses perakitan sebenarnya dimulai dari keberanian untuk memasang komponen, pengetahuan tentang komponen, dan ketiga berani mencoba dan kalau gagal mau bertanya. Nah, tutorial ini dibuat untuk sumber informasi tentang step by step proses perakitan komputer bagi siswa SMK, terutama SMK NIda El-Adabi. Mari kita simak proses apa saja, pengetahuan apa saja yang harus dimiliki seseorang ketika hendak belajar perakitan komputer?

Tahapan dalam proses perakitan komputer
Dalam proses perakitan komputer sebenarnya, ketika sudah ada semua hardwarenya tinggal tancep-tancepin saja ke port atau lokasi tempat hardware komputer tersebut semestinya. Cuma karena kita sedang belajar, maka setidaknya ada beberapa tahapan yang harus diketahui:

A. Persiapan
Dalam persiapan biasanya seseorang yang hendak merakit komputer akan membicarakan:

  • Konfigurasi. Maksudnya menentukan jenis dan spesifikasi hardware. Misalnya berapa kapasitas prosessor, hardisk, dan seterusnya. Kita juga akan membicarakan kompatibilitas antar hardware tersebut, misalnya kalau hardisknya 250 GB apakah kompatibel dengan memory yang kapasitasnya 1 GB? Dan yang lebih sering diperbincangkan mengenai konfigurasi biasanya nantinya komputer tersebut akan digunakan untuk apa? Apakah untuk keperluan perkantoran saja? Untuk disain grafis, atau Games? Karena konfigurasi komponen komputer untuk setiap komputer yang digunakan untuk keperluan tertentu akan berbeda tentunya. Untuk keperluan perkantoran tidak memerlukan kapasitas memory yang terlalu besar, berbeda dengan yang akan digunakan untuk games tentunya.Untuk itu kita memerlukan pengetahuan khusus tentang spesifikasi komponen yang akan digunakan. Dan buku panduan atau brosur mengenai spesifikasi komponen akan sangat berguna tentunya dalam tahapan menentukan konfigurasi komputer tersebut. Satu lagi, faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda. Kalau nantinya mau pake OS WIndows bisa mengecek konfigurasi hardware disitus Micorsoft ini, atau situs lainnya.
    Video pengenalan hardware berikut bisa menambah pengetahuan tentang fungsi hardware:
  • Menyiapkan alat-alat untuk merakit. Setelah semua hardware komputer ada selanjutnya kita juga harus mempersiapkan alat-alat lainnya yang harus disiapkan juga. Alat-alat apa saja yang harus disiapkan? yaitu:
    1. Hardware komputer tentunya,
    2. Buku manual hardware, ini penting juga loh.
    3. Obeng, tang, jumper, baut, tester, tespen, spidol, lakban, anti strum (perlu gak ya? kan belum ada aliran listrik…)
    4. Software, baik OS maupun sistem aplikasi, plus utilitinya.

B. Perakitan
Sebelum melanjutkan ke hal-hal yang perlu diketahui dalam proses perakitan ini, kita lihat video berikut ini:

Video tersebut merupakan simulator, kita bisa belajar bagaiaman merakit komputer. Dan sebenarnya banyak lagi simulator-simulator lainnya yang bisa kita gunakan untuk belajar merakit komputer yang bisa kita unduh secara gratis di youtube atau google.

Berikutnya kita akan belajar bagaimana step by step memasang hardware komputer. Dalam proses perakitan setidaknya ada 10 proses pemasangan hardware, yaitu:
1.Penyiapan motherboard
2.Memasang Prosessor
3.Memasang heatsink
4.Memasang Modul Memori
5.memasang Motherboard pada Casing
6.Memasang Power Supply
7.Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8.Memasang Drive
9.Memasang card Adapter
10.Penyelesaian Akhir

Untuk proses tersebut, saya tidak mau menulis ulang sebab di mesin pencari juga banyak sekali yang berbaik hati menulis tutorial perakitan komputer. Tapi biar nyambung dengan video diatas, saya mendapatkan satu modul tutorial perakitan komputer  dari google yang memang gambar-gambarnya diambil dari video simulator perakitan diatas.
Ini dia modul tutorialnya Modul Merakit Komputer (klik kalau mau download). Tak lupa saya berterimakasih sama yang sudah buat modul tersebut.

c. Pengujian
Setelah membaca modul perakitan tadi, anggap saja sudah bisa merakit komputer. Berikutnya adalah kita akan melakukan pengujian. Jadi setelah semua hardware nancep sesuai tempatnya (nancep, maaf sedikit tidak EYD) kita mesti melakukan pengujian. Apakah pengujian itu?

Begini, setelah komputer selesai dirakit kita akan melakukan pengujian, yang bisa dilakukan melalui setup BIOS. Standarnya sih yang sudah ditulis rekan-rekan lainnya baik di blog atau di buku perakitan yaitu:

  1. Pertama, Hhdupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Kedua, Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Ketiga, jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Keempat, periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Kelima, simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
  6. Dan yang terakhir, setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

d. Penangangan masalah
Penanganan masalah maksudnya, kadang ada saja komponen komputer yang tidak kita tempatkan dengan tepat. Misalnya kabel adapter atau switch berlum terhubung, ini bisa menyebabkan layar monitor tidak tampil. Belum lagi kesalahan pemasangan kabel konektor, memory yang belum nancep benar sehingga menimbulkan bunyi-bunyian dan banyak lagi tentunya hal-hal yang kadang setelah proses perakitan muncul.

e. Proses instalasi
Beikutnya setelah tidak ada lagi masalah dengan penempatan komponen yang tidak sesuai, kita akan melakukan instalasi software. Baik operatyng system maupun aplikasi dan utilitynya. Untuk yang ini nanti besok lanjutannya……

3 Responses to “Belajar Merakit Komputer Sendiri (Materi Perakitan Komputer SMK)”

  1. “SMA BAKTI SEJAHTERA KONGBENG”
    Menerima pendafaran siswa baru
    Tahun ajaran 2014/2015
    Jurusan IPA & IPS
    Hub. 081255797929 (harso)

  2. SMA BAKTI SEJAHTERA KONGBENG
    Budidaya kacang koropedang dan mengadakan pelatihan budidaya serta sedia bibit
    hasil panen dibeli hub. Harso – 085389206345

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: