Nak, Jangan Mundur Sekolah Lantaran Tak Ada Biaya…

Gambar dari jawaban.com

Gambar dari jawaban.com

Beberapa hari yang lalu saya mendengar ada salah satu siswa saya yang hendak mengundurkan diri, alasannya lantaran faktor ekonomi. Ini memang persoalan klasik dan kerap menjadi alasan jitu seorang siswa  untuk memilih meninggalkan bangku sekolah. Hal yang sama juga pernah saya alami pasca lulus SMP dulu, dan akhirnya saya memilih sabar untuk tidak melanjutkan ke SMU, dan itu sangat menyakitkan buat saya pada waktu itu. Tapi begitulah, apa yang kita inginkan kadang tidak serta merta bisa kita dapatkan. Tapi jangan menyerah dulu, sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan belum tentu benar-benar tidak bisa kita dapatkan mungkin lain waktu kita bisa memperolehnya, untuk itu perlu yang namanya mencoba mendapatkan dan terus bertekad untuk mendapatkan. Mungkin itu yang disebut ikhtiar, usaha, perjuangan. Itu yang saya lakukan Nak, gurumu ini dulu tidak bisa melanjutkan pendidikan SMU lantaran alasan klasik tadi, tapi bukan berarti selsai sampai disitu. Saya berjuang untuk bisa memperoleh pendidikan yang layak yang layak seperti yang lainnya, untuk itu saya bekerja apa saja sampai pada akhirnya mampu mengumpulkan rupiah dan mendapatkan label pendidikan level SMU. Lantaran itu saya pernah menulis bahwa kemiskinan bukan alasan untuk tidak dapat meraih pendidikan tinggi (baca deh).

Untuk siswaku

Sebaiknya jangan menyerah (ingat lagu D’Masiv ), berusahalah sekuat tenaga dengan jalan yang baik tentunya. Kalian bisa mengerjakan sesuatu yang bisa menghasilkan uang lalu gunakan uang tersebut untuk membiayai sekolah. Saya pernah bekerja di toko orang, berjualan buah salak demi membiayai sekolah. Dan kalian mungkin bisa melakukan hal yang sama. Jangan pernah malu, atau merasa rendah diri karena bekerja sambil sekolah atau berjualan sambil sekolah, sebab itu lebih baik daripada kamu memilih meninggalkan banhgku sekolah dan mengubur semua harapan dan cita-citamu.

Tips-Tips Sederhana yang bisa kalian lakukan agar bisa bertahan

  • Niatkan dihati kamu untuk menyelesaikan sekolahmu
  • Berusahalah dengan sekuat tenaga dengan cara-cara yang mungkin bisa kamu lakukan (berjualan, bekerja paruh waktu, mengamen).
  • Tetap aktif di sekolah, aktif dalam semua kegiatan sekolah agar kamu dekat dengan guru dengan pihak sekolah ini bisa menjalin hubungan yang baik yang akan membuat kamu tetap dipertahankan disana. Ingat sekolah akan selalu menghargai siswa yang aktif dan mempunyai kesungguhan untuk belajar
  • Berbaik-baiklah kepada orangtua dan keluarga, jangan pernah mengeluh dan menyalahkan mereka. Sebab dengan berbaik dan terus menjaga sikap baik pada orang tua dan keluarga akan memberikan rasa tenang dalam diri kamu juga keluargamu dan itu akan membuka solusi-solusi baru yang bisa menyelamatkan sekolahmu
  • Berbicaralah pada gurumu tentang keadaanmu dan mintalah solusi darinya
  • Sabar, dan jangan melupakan tuhanmu


Dan satu kisah seorang mahasiswi bernama Ming Ming Sari Nuryani yang kuliah sambil memulung ini bisa menjadi motivasi buat kalian, baca kisahnya di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: