Menjaga Keharmonisan Guru

Harmonis itu serasi ya? Dan kalau dipertegas dengan imbuhan ke-an menjadi kata yang bunyinya “keharmonisan” berarti artinya keserasian. Setidaknya itu yang saya tangkap tentang arti kata harmonis dan keharmonisan. Referensinya saya dapat dari situs artikata.com, kalau dalam rumah tangga maka menerapkan kata keharmonisan tersebut erat kaitannya dengan hubungan antara suami dan istri, orang tua dan anak. Dan yang ingin saya tulis kali ini adalah kaitannya dengan keharmonisan guru. Guru rekan sejawat maksud saya. Dalam sebuah sekolah kerap terjadi ketidak harmonisan antara guru yang satu dengan lainnya, atau antara guru dan kepala sekolah, penyebabnya macem-macem. Keadaan tersebut tidak bisa dipungkiri adalah bagian dari ketidakmampuan sistem dalam mengelola elemen-elemen didalamnya, elemen yang saya maksud adalah SDMnya. Dan ini adalah “penyakit” yang mestinya segera di obati. Sebab jika dibiarkan akan merambat kemana-mana dan semakin akut yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada kualitas pelayanan kepada siswa. Lalu?

Segera perbaiki

Teman saya mengatakan, segera diperbaiki. Artinya kalau sudah terlihat gelagat yang mengarah kepada ketidakharmonisan antara SDM di suatu lembaga ya segera carikan solusi untuk memperbaikinya.  Harus ada mediasi yang baik dari lembaga kepada semua SDM, bukan hanya sekedar menyelesaikan dengan aturan tetapi mesti dilakukan refresh yang memungkinkan semua SDM kembali menjadi harmonis.

Sebagai guru, tentunya sangat tidak menyenangkan ketika memberikan ceramah-ceramah tentang kebaikan, nilai-nilai dan sebagainya sementara antar rekan sejawat juga masih ada mis yang menyebabkan gap komunikasi. Disinilah dibutuhkan seorang leader yang baik, yang mampu melihat gelagat tidak baik antar SDM yang dipimpinnya sehingga cepat mengatasi ketidak harmonisan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: