Belajar Masang Hardisk yuk !

sata

Gambar Hardisk SATA. Reff Gambar dari Google

Untuk siswa kelas 8 SMPI Nida El-Adabi, kali ini kita akan belajar cara memasang hardisk. Ini bagian pengetahuan kalian tentang hardware komputer. Apa fungsi hardisk, dan jenis-jenis hardisk sudah dijelaskan minggu yang lalu dan materinya bisa kalian lihat posting tentang hardware komputer di blog ini. Dan untuk melengkapi “update” informasi seputar hardisk silahkan kalian “googling” aja.  Atau bisa melihat videonya di youtube. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis hardisk ada yang jenis IDE dan SATA.  Dan kebanyakan pada komputer saat ini menggunakan hardisk jenis SATA. Untuk itu yang akan kita coba praktikan adalah cara memasang hardisk jenis SATA.

Ada beberapa langkah proses dalam pemasangan hardisk pada komputer:

  1. Terlebih dahulu atur jumper. Letak jumper ada dibagian belakang hardisk. Jika hardisk yang kita pasang cuma satu, maka posisikan jumper tadi ke posisi Master (kayak judul filem ya?). Tapi jika hardisk yang kita pasang ada dua, maka atur jumper tersebut ke posisi Slave. Jangan takut salah meletakan jumper, ada petunjuknya  kok di hardisk tersebut.
  2. Setelah jumper sudah diletakan pada posisi yang benar, selanjutnya kita pasang kabel data (kabel data SATA tentunya) ke port hardisk. Cara pemasangannya gampang, tinggal tancepin aja, tidak bakal salah.
  3. Yang ketiga, memasang kabel dari power suply ke hardisk. Ini juga mudah, tinggal tancepin saja. Bedanya, kalau ternyata power suply yang kita gunakan tipe jadul maka kita mesti mengunakn kabel power konverter.

Nah seperti itulah cara memasang hardisk pada komputer. Mudah kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: