Memanfaatkan Gadget yang Sering dibawa Siswa Untuk Kegiatan Belajar

Tulisan ini saya buat untuk membangun kreatifitas mengajar berbasis ICT dengan memanfaatkan fasilitas gadget yang dimiliki siswa.

Gambar dari ynaija.com

Gambar dari ynaija.com

Ketika saya mengajar di kelas SMP dan SMA, rata-rata siswa membawa gadget ini: telpon genggam, laptop, USB modem. Dan fasilitas yang tersedia dikelas adalah: infokus, internet, dan pelengkap lainnya. Lalu pertanyaanya adalah apakah gadget-gadget tadi tidak mengganggu KBM? Suatu waktu pernah melihat siswa yang asyik dengan gadget mereka padahal waktu itu sedang proses KBM. Sepintas saya berpikir untuk mendisiplinkan gadget-gadget yang dirasa mengganggu KBM. Tapi berikutnya saya berpikir positif, bahwa hari ini adalah hari dimana teknologi ada dimana-dimana bukan cuma diruang khusus dan waktu khusus saja. Kalau dulu mungkin menemukan perangkan IT cuma ada di Lab, tapi saat ini didalam saku siswapun kita bisa menemukan perangkat IT canggih. Dan yang diperlukan adalah bagaimana guru memberikan pengetahuan tentang  penggunaan gadget saat belajar. Dan lebih baik lagi jika gadget-gadget yang dibawa siswa digunakan sebagai media belajar hari itu. Ini sharing saja, karena setiap guru pasti punya tips sendiri dalam memanfaatkan gagdet yang dibawa siswanya.  Guru bisa memanfaatkan gagdegt tersebut untuk kegiatan belajar diantaranya:

Persiapan

  • Sebelum mengajak siswa memanfaatkan gagdet yang mereka bawa dalam kegiatan belajar, pastikan terlebih dahulu gadget-gadget apa saja yang siswa bawa. Apakah semua siswa membawa gadget tertentu? Atau hanya beberapa siswa yang membawa gadget A, dan sisanya gadget B, C, D dan seterusnya. Jika gagdet yang mereka macem-macem, pastikan gagdet-hadget tersebut bisa mengakses atau bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Atau jika ingin seragam, beritahu siswa beberapa hari sebelumnya untuk membawa gadget tertentu (hati-hati jangan menganggap semua siswa bisa melakukanya).
  • Perhatikan pula keterkaitan materi dengan gagdet, lebih tepatnya dengan aplikasi yang akan digunakan.
  • Perhatikan durasi waktu, apakah dengan menggunakan gagdet atau aplikasi yang akan digunakan lebih optimal. Sebab kadang penggunaan gadget yang tidak disiapkan dengan benar pada praktiknya malah membuang banyak waktu. Misalnya untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi kepada siswa, siswa yang not responding, dan kemungkinan hang lainnya.
  • Buat lebih dahulu simulasinya. Jangan sampai ketika didalam kelas malah seperti mencoba-coba, ini malah jadi tidak epektif dan akan membingungkan siswa.
  • Kalau sempat, buat panduan singkatnya. Perbanyak, kemudian bagikan kepada siswa.

Memanfaatkan gadget

  • Setelah melakukan persiapan, dan mengetahui gadget apa saja yang dibawa siswa hari itu, saatnya guru mengetahui aplikasi yang akan digunakan untuk materi yang akan disampaikan. Misalnya setiap HP pasti bisa mengirim pesan singkat, atau setiap HP bisa mengakses internet, chating, BBM (untuk jenis BB), photo, video dan seterusnya. Nah, pilihlah aplikasi-aplikasi tadi yang disemua HP ada. Jangan lupa, apakah karena menggunakan aplikasi dalam HP sudah dipastikan akan membutuhkan pulsa, ini juga perlu diperhatikan. Tapi kalau sebelumnya sudah diinformasikan kepada siswa pastinya siswa sudah mengantisipasinya.
  • Sepakati aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Pastikan aplikasi yang akan digunakan, dimengerti oleh semua siswa. Artinya semua siswa mampu mengoperasikan aplikasi tersebut. Ini diperlukan agar tidak ada lagi gap waktu yang terbuang lantaran mesti mengajari dulu siswa tentang aplikasi yang akan digunakan.

Berbicara gadget yang sering dibawa siswa, dan ketika hendak memanfaatkan gadget-gadget tersebut, dipastikan gurunya juga memiliki gadget seperti yang dibawa siswa. Kalau HP, laptop dan USM modem saya yakin saat ini semua guru memilikinya. Makanya ketiga perangkat tersebut bisa dioptimalkan dalam kegiatan KBM. Bagaimana mengaplikasikanya? Kreatifitas, dan kemampuan menggunakan TI dalam pembelajaran adalah modal utamanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: