Peran Guru TIK Dalam Memberikan Informasi Seputar Internet Sehat

Tulisan sederhana ini saya buat untuk rekan guru TIK dan para orang tua yang ingin menjaga putra putrinya dari bahaya penggunaan internet yang tidak baik

Peran Guru TIK Dalam Memberikan Informasi Seputar Internet Sehat|Saat ini hampir semua orang tua “mampu” membiayai fasilitas internet untuk anak-anaknya, entah dengan memasang speedy dirumah, atau dengan membelikannya USB Modem. Internet saat ini sudah menjadi bagian dari “life style” keluarga modern termasuk anak-anak dari keluarga modern tersebut. Tapi berikutnya muncul banyak sekali permasalahan yang muncul kepermukaan, seperti kecanduan internet, bahaya konten, antisosial dan lain sebagainya. Lalu berikutnya muncul segala bentuk kegiatan yang dibuat untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan tadi, seperti dengan membuat workshop internet sehat, menerbitkan buku panduan internet untuk anak,  dan banyak lagi. Muncul pula nara blog nara blog yang “gigih” mencoba memberikan pemahaman tentang cara berinternet yang baik buat anak-anak melalui tulisanya.

Peran Guru

Peran guru dalam “mengkampanyekan” penggunaan internet dengan baik sangat vital sekali. Karena untuk beberpa kasus anak-anak (baca: usia SD) cenderung lebih mendengar dengan apa yang dinasihatkan gurunya. Dalam satu acara evaluasi bersama para orang tua siswa, saya mendengar banyak sekali orang tua yang berharap bahwa guru lebih banyak memberikan nasihat tentang penggunaan internet kepada anaknya, nasihat tersebut maksudnya tentang kapan boleh menggunkan internet dan kapan waktunya belajar, kapan waktunya ngaji dan seterusnya. Sebab menurut para orang tua, ketika anaknya dinasihati maka mereka akan menjawab “menurut pak guru juga begini……………, kata pak guru juga begini……..”

Mungkin itu kasuistik, dimana anak hanya mencari pembelaan saja ketika mendapatkan peringatan dari orang tuanya. Walaupun begitu, sebagai guru TIK yang mengajar anak-anak kasus diatas menjadi evaluasi diri bahwa ternyata menjadi guru yang mengajar TIK tidak hanya selesai memberi pengetahuan tentang teknologi dan komputer, tapi juga dengan soft skillnya yang meliputi nilai-nilai agama dan pesan moral yang disampaikan dalam setiap KBM.

Memberikan informasi tentang penggunaan internet yang baik

Dalam KBM guru jangan bosan-bosan memberikan informasi tentang penggunaan internet yang baik kepada siswa. Mislanya dengan memberikan tugas-tugas yang “diskenario” agar siswa menggunakan internet untuk hal-hal yang baik. Misalnya:

  • Pengenalan situs-situs yang bermanfaat
  • Pengenalan situs apa saja yang boleh dikunjungi oleh anak-anak
  • Ajakan untuk mendownload sesuatu yang bermanfaat saja
  • Belajar menggunakan situs tertentu (misalnya menggunakan situs edukasi)
  • Aajakan untuk membaca tuntas isi blog yang bermanfaat (misal blog yang berisi cerita anak) kemudian siswa ditugaskan untuk menceritakanya kembali, ini sinergis dengan guru mata pelajaran bahasa mislanya. Pada praktiknya blog yang akan dibaca bisa dibuat terlebih dahulu oleh guru.
  • Ajakan untuk upload sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain
  • Memberikan tugas (PR) mengerjakan tugas tertentu melalui internet. Misalnya tugas yang dikirim via email dan tugas tersebut harus dikerjakan bersama orangtua.

Dan masih banyak lagi skenario guru yang bisa dibuat dengan lebih kreatif dan disesuaikan dengan tingkat usia siswa. Dan sebelum memberikan tugas internet, sebaiknya pikirkan ini:

  • Dampak postitif dari tugas yang diberikan
  • Kemungkinan terburuk dari tugas yang diberikan dengan menggunakan internet tersebut.
  • Sudah cocok kah tugas yang diberikan dengan usia anak-anak?

Pada akhirnya guru harus benar-benar memikirkan tentang hal-hal yang harus diberikan kepada siswanya berkaitan dengan internet, memikirkan dampak positif, memikirkan kemungkinan terburuk, dan memikirkan solusinya. Untuk itu guru harus banyak mencari informasi dan referensi mengenai pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan internet yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: