Menyisipkan Games Edukasi Saat Belajar Komputer

Catatan ringan untuk bahan referensi mengajar Guru TIK di Sekolah Dasar.

Menyisipkan Games Edukasi Saat Belajar Komputer|Ketika mengajar komputer, atau TIK kepada anak SD tentu memiliki banyak tantanganannya. Salah satunya membuat anak senang. Bukan senang karena perangkatnya, tetapi senang lantaran materi yang diberikan. Ini pengalaman saja, ketika siswa masuk ke lab. komputer rata-rata mereka senang. Kadang rela antri didepan pintu lab menunggu jadwal praktik, sepintas terlihat bahwa mengajar TIK itu tidak ada masalah dengan “mut” siswa. Ini yang terlihat dipermukaan, sebenarnya ketika siswa duduk didepan komputer baru terlihat sebenarnya apa yang membuat mereka begitu bersemangat masuk kedalam lab komputer?  Ternyata oh ternyata…(mungkin ini hanya satu kasus yang saya temui ditempat saya mengajar). Ternyata anak-anak lebih suka mengutak-atik segala hal yang menurut mereka menyenangkan, seprti merubah-rubah tampilan dekstop komputer, menggambar di paint kemudian dijadikan walpaper, dan lainnya. Kalau ada games?

Siswa Kelas 3 SDS Nida El-Adabi, Antri di pintu Lab. Komputer

Games memang lebih menarik buat siswa, daripada materi yang diberikan guru. Biasanya siswa hanya bertahan beberapa menit untuk fokus dan memperhatikan penjelasan guru, dan ingin segera cepat-cepat menyelesaikan latihan. Dan ketika latihan selesai mereka merengek agar diberi akses games.

Disinilah peran seorang guru TIK, apakah memberi kebebasan itu karena siswa dianggap telah menyelesakan latihan yang diberikan? Atau memberikan latihan berikutnya, agar tidak memancing perhatian siswa lainnya yang belum berhasil menyelesaikan latihan?

Solusi pertama adalah memberinya latihan berikutnya, ini dilakukan jika ingin tetap menjaga siswa agar terus sibuk sampai akhir pelajaran. Ini sebenarnya tips klasik tapi masih efektif. Solusi yang kedua dengan memberi reward, yaitu membiarkan siswa mengeksplorasi aplikasi komputer yang diajarkan pada saat itu. Dan berikutnya adalah membiarkan siswa menikmati Games. Nah loh? Games yang diberikan tentu bukan games yang cuma membuang kesempatan siswa dalam mengeksplorasi materi yang diberikan guru. Melainkan games yang memang ada manfaatnya, atau guru TIK menyebutnya games edukasi.

Untuk itu guru TIK diharapkan mempunyai banyak simpanan games edukasi dan telah menginstalasinya pada komputer yang biasa digunakan untuk prkatik. Melalui mesin pencari google kita bisa dengan mudah menemukan beraneka macam games edukasi yang bisa diunduh secara gratisan. Untuk kepentingan tersebut saya membuat arsip link download games edukasi dalam satu blog panduan belajar komputer untuk anak.

Menyisipkan games kedalam pembelajaran adalah solusi jangka pendek, sebab melulu memberikan reward Games kepada siswa malah mengurangi semangat belajar siswa dalam materi yang sebenarnya. Untuk itu diperlukan langkah bijak seorang guru dalam menentukan kapan seharusnya siswa mendapatkan games, dan kapan untuk sama sekali tidak memeberikan games. Demikian!

2 Responses to “Menyisipkan Games Edukasi Saat Belajar Komputer”

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: