Mencari Panduan Belajar Komputer Untuk Anak?

Mencari Panduan Belajar Komputer Untuk Anak? Jika itu pertanyaanya, baca terlebih dahulu tulisan singkat ini. Sebenarnya niat pertama saya mau promosi modul panduan belajar TIK/Komputer untuk siswa kelas 1-6 SD, tapi setelah menulis judul posting ini saya jadi ingin menjawabnya langsung. Maksudnya, sekalipun singkat saya bisa menjelaskan mengenai panduan belajar komputer untuk anak. Bagi guru TIK membicarakan topik ini tentu menarik, terutama saya. Anak-anak itu umumnya menyukai komputer, bukan lantaran ingin belajar mengetik, bisa word, excel dan lainnya. Tapi mereka ingin main game, melihat video musik, utak-atik tampilan layar dekstop, internetan (dan situs paforitnya facebook sama youtube). Lantaran itu, banyak orangtua siswa yang cemas, takut anaknya begini dan begitu.

Tugas seorang guru TIK tentu memberi panduan belajar, baik kepada siswanya maupun kepada orang tua siswa. Baik ketika belajar di sekolah maupun ketika orang tua siswa telpon dan minta tolong ini dan itu seputar belajar komputer dan perubahan prilaku si siswa lantaran interaksinya dengan komputer.

Disinilah tantangannya, bagaimana caranya guru TIK bisa menjadi konsultan yang baik. Bisa menerangkan dengan jelas dan dimengerti baik oleh siswa maupun orangtuanya.

Saya sendiri untuk menjawab pertanyaan tadi, yang pertama membuatkan panduan belajarnya. Panduan tersebut saya buat dalam bentuk modul praktis untuk kegiatan belajar siswa di sekolah dan di rumah. Jadi ketika anak belajar di lab misalnya, mereka belajar sesuai panduan dalam modul tersebut. Jadi siswa lebih fokus dan bisa meminimalisir kegiatan bukan belajar lainnya ketika mereka berada di depan komputer di ruang lab. Begitupun ketika di rumah, ketika mereka berhadapan dengan komputer, orang tuanya langsung duduk disampingnya dan membuka materi latihan dalam modul tersebut.

Memang modul bukan jurus jitu yang bisa dijadikan panduan satu-satunya, tentu masih perlu referensi lainnya.

Sekedar informasi, saya coba fokus untuk menulis tentang panduan belajar komputer untuk anak dalam satu blog yang saya beri alamat panduanbelajarkomputeruntukanak. Lihat disini>>

Tinggalkan Balasan

