Belajar Mewarnai Menggunakan Paint (Materi Komputer Kelas 1 SD)

LATIHAN 16 WARNABelajar Mewarnai Menggunakan Paint (Materi Komputer Kelas 1 SD)|Mengajar komputer kelas 1 SD itu memang mudah, tapi susah. Atau populernya “gampang-gampang susah”. Gampangnya ya ngajar kelas 1 SD gitu loh, paling kompetensi dasarnya mengenalkan perangkat dan penguasaan terhadap beberapa perangkat standar, misal bagaimana si anak menggunakan mouse, keyboard. Dan aplikasi yang diberikan ya yang mendukung kompetensi tadi, misalnya supaya anak “lancar” menggunakan mouse tentu harus diberi materi yang nantinya lebih banyak menggunakan mouse (mobilitas mouse). Begitupun dengan penguasaan perangkat lainnya. Lalu aplikasi apa sih yang cocok untuk kelas 1 SD? Sebenarnya seputar office juga bisa diberikan cuma mesti dibatasi pada materi yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi dan usia mereka. Kalau saya lebih suka memberi materi mewarnai menggunakan Paint. Sebab dengan paint tadi siswa mendapat kompetensi yang sesuai, misal bagaimana anak terus menerus menggunakan mouse untuk memilih tool dan warna. Tentu materi yang diberikan disesuaikan dengan tema pelajaran, kalau mau tematik. Misalkan kalau temanya diri sendiri maka yang mereka warnai adalah yang sesuai tema tersebut seperti mewarnai kata “kepala”, “kaki” dan seterusnya, atau mewarnai gambar yang ada disekitar mereka seperti mewarnai kotak pensil, tempat tidur dan seterusnya.

Menggunakan software

Sebenarnya ada banyak sekali software yang bisa dijadikan bahan pelengkap materi mewarnai untuk anak-anak. Misalnya saja magic book, coloring book 1.0 yang semuanya gratis bisa kita download di internet. Selain software tadi kita juga bisa melengkapinya dengan games mewarnai seperti Ginkgo paint , Tux Paint dan masih banyak lagi tentunya.

Dalam modul tik sd kelas 1 yang saya buat, saya lebih memilih materi mewarnai menggunakan paint. Karena program tersebut pastinya ada dalam setiap komputer di semua sekolah. Dan ini memudahkan guru dalam bereksplorasi memberi materi-materi yang disesuaikan dengan kondisi anak dan minat anak. Adapun materi yang sajikan dalam modul berupa mewarnai gambar-gambar yang sudah saya sediakan dalam file terpisah, nantinya file tersebut tinggal disimpan di folder komputer tempat siswa praktik dan setiap praktik guru tinggal mengarahkan siswa untuk membuka file latihan keberapa dan seterusnya. Adapun jenis gambar yang saya berikan, seputar tema diri sendiri siswa, benda-benda dilingkungan mereka yang dilengkapi dengan kosa kata bahasa inggrs dan arab.

Dan jika guru mau bereksplorasi menggunakan software mewarnai tinggal mendownloadnya saja di internet, dan kemudian dikombinasikan dengan materi yang ada dalam modul tersebut.

Info menarik sesuai tema posting:

Modul TIK SD Edisi 2013 Untuk Tahun Pelajaran 2013/2014

Modul TIK/Komputer Kelas 2 SD/MI Edisi TP.2013/2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: