Tutorial Membuat Blog Untuk Guru

Belakangan banyak sekali guru yang memiliki blog, dan banyak pula guru yang mulai bertanya-tanya bagaimana caranya membuat blog. Ada pula guru yang nekat, meski tidak tahu apa itu blog tapi tetep minta dibuatkan dan minta dibantu pula dalam memposting tulisan-tulisannya. Ini sangat menarik, artinya blog sudah masuk dalam komunitas guru dan guru mulai merespon postitif kehadiran blog. Secara sederhana blog tak ubahnya diary online yang bisa diisi apa saja, curhat, konsep sebuah kegiatan, planning sampai ke artikel yang memakai banyak referensi ilmiah. Dan guru bisa memanfaatkanya dengan menulis hal-hal postitif, termasuk berbagi pengalaman mengajarnya. Itu menarik…

Membuat blog itu tidak susah, tinggal sign up di blogger.com atau wordpress.com, ikuti petunjuk, selesai. Berikutnya tinggal menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, syukur-syukur apa yang ditulisnya tersebut adalah sesuatu yang baru yang bisa memberi khazanah baru bagi pembacanya. Dan untuk guru, apalagi coba yang ditulisanya kalau bukan seputar kegiatan mengajarnya sehari-hari.

Ini menarik, ketika banyak guru yang menjadikan blognya sebagai arsip online. Mereka menyimpan perangkat mengajarnya di blog pribadinya, menampilkan media pembelajaran yang dibuatnya, sampai curhat PTK dan seterusnya mengenai metode mengajarnya yang sudah dilakukan. Tentu ini akan menjadi insfirasi bagi rekan guru lainya, memberi gambaran kondisi kultur wilayah mengajar dan seterusnya dan ini menjadi informasi menarik tentunya.

Buat rekan guru yang ingin mempunyai blog, tetapi belum bisa, saya memberikan tutorial singkatnya yang bisa di download dibawah ini.

Tutorial membuat blog di blogger

Link menarik lainya:

Modul TIK SD Edisi 2013 Untuk Tahun Pelajaran 2013/2014

Dan Katalog —

2 Komentar to “Tutorial Membuat Blog Untuk Guru”

  1. Ass. selamat pagi pak tenjo, sebelumnya minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir bathin. saya ingin bertanya pak, sya punya wordpress tetapi mash dasar, saya ingin sekali tampilan nya seperti wordpress pak tenjo, tetapi tidak secantik pak tenjo yang punya, solusinya bagaimana y pak agar sya bisa mempercantik wordpress sya.
    Sya berlangganan modul TIK yang saya pernah beli di wordpress bapak.

  2. sama-sama pak maaf lahir batin juga. ah bapak bisa aja, blog sy malah sederhana banget, gak diapa-apain ini default template wordpress. Yg dimaksud mempercantik itu seperti apa ya? Apa templatenya, atau apanya? Bisa kirim via email aja pak pertanyaanya, biar sy bisa memberikan solusi yang lebih lengkap..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: