Mengajar TIK Di Sekolah Dasar

edinidaMengajar TIK Di Sekolah Dasar| Di inbox email saya ada seorang teman bertanya, tentang materi TIK apa yang cocok untuk anak SD kelas 3,4,5, dan 6? Pertanyaan semcam ini sebenarnya sudah saya jawab pada dalam sebuah posting, dan saya lupa lagi apa judulnya. Mengajar TIK di sekolah dasar, menurut saya tidak harus berlatar belakang pendidikan komputer. Lata belakang pendidikan apapun saya rasa bisa, asal guru tersebut mengerti tentang materi dan bisa mengaplikaskanya. Misalnya ketika mengajar materi mengoperasikan komputer, ya guru tersebut harus tahu cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar. Begitupun ketika mengajar materi mengetik di Microsoft Word misalnya, ya minimal si guru tersebut menguasai tool dan menu dalam aplikasi tersebut. Bagaimana kalau pertanyaannya, saya tau komputer juga cuma sedikit? Kalau mau bicara profesionalitas, memang selayaknya guru itu yang benar-benar sesuai dengan latar pendidikan dan skilnya. Tapi, guru kan bukan pekerjaan profesional (lihat aja di kurikulum 2013 guru TIK disuruh ngajar PKN hihi) maaf becanda. Maksudnya, seorang guru adalah seorang pembelajar. Jadi kalaupun tidak benar-benar profesional untuk materi yang diajarkanya, ya guru tersebut harus mau belajar lagi.

Untuk guru yang bukan berlatar pendidikan TIK atau komputer, yang kebetulan mendapat amanah untuk mengajar mata pelajaran TIK di sekolah dasar. Saya pikir tidak perlu takut, selagi kita mau terus belajar. Dan memahami terus setiap materi yang akan diajarkan. Ketika besok ada jadwal, ya malamnya berlatih dahulu, begitu seterusnya.

Untuk bahan mengajar, saya membuat modul TIK kelas 3,4,5 dan 6. Modul tersebut merupakan panduan praktis untuk belajar dan mengajar mata pelajaran TIK sekolah dasar.
Resensi materinya bisa dilihat disini (klik).

Tinggalkan Balasan

