Tips Berlibur Untuk Anak Muslim, Agar Tidak Lupa Sholat

Tips Berlibur Untuk Anak Muslim| Sebentar lagi libur panjang, dan biasanya liburan diisi dengan acara berlibur tentunya. Ada yang berlibur ketempat rekreasi permainan anak, ada yang berlibur ke tempat wisata alam, dan ada yang berlibur dengan berkunjung ke rumah kakek di kampung (itu yang punya kampung lho…). Nah, bagi para orang tua siswa yang hendak mengajak putra/putri kesayanganya berlibur sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Apa saja sih yang harus disiapkan? Diantaranya rencanakan terlebih dahulu tujuan tempat berlibur nanti, apakah ke tempat rekreasi anak, ke tempat wisata alam, atau kemana? Untuk tips memilih tempat liburan saya pernah menulisnya setahun yang lalu, baca disini. Dan setelah menentukan kemana kita mau berlibur nanti, sebaiknya tidak melupakan beberapa tips berlibur untuk anak muslim ini:

Beberapa tips ini akan sangat berguna ketika liburan anti.

  • Siapkan alat sholat, seperti mukena, sajadah, atau peci. Ini buat jaga-jaga ketika hendak sholat diperjalanan atau ditempat wisata. Soalnya tempat wisata di Indonesia kurang memperhatikan fasilitas ibadah. Kadang tempatnya kecil, dan tidak ada mukenanya. Kalau kita bawa, ya minimal tidak harus antri nunggu giliran. Kita bisa sholat ditempat yang bersih, dimana saja dikawasan tersebut. Begitupun ketika pas datang waktu sholat diperjalanan, kita bisa mampir di mushola atau masjid, biasanya di res area, syukur-syukur ada mukenanya. Kalau tidak ada, kita bisa sholat dengan nyaman dengan mukena yang sudah disiapkan. Dan inget loh, mukena atau peralatan sholat yang kita bawa pastinya lebih bersih dibanding yang sudah disediakan orang lain yang sudah dipakai berkali-kali oleh orang banyak.
  • Ketahui lokasi tempat sholat. Ini sangat penting, jangan sampai ketika hendak sholat kita tidak tahu dimana tempatnya. Memang sih kita bisa bertanya, dan sebaiknya kita menanyakannya ketika pertama kali datang ketempat liburan. Ini untuk mencegah ketika datang waktu sholat kita baru nanya-nanya, mending yang ditanya langsung respon kalau tidak, telatlah sholat kita.
  • Perhatikan jadwal sholat. Hihi, kadang liburan membuat kita terlalu asyik sehingga lupa waktu. Nah, untuk mencegah lupa waktu sholat sebaiknya buat kesepakatan bersama, bahwa 15 menit sebelum waktu sholat semuanya harus berkumpul untuk melaksanakan sholat.
  • Dan yang terakhir, kalau bisa nih, jangan pergi ketempat liburan yang miskin fasilitas sholatnya. Ada banyak tempat liburan di tanah air, dan kita bisa memilihnya yang mana yang aman untuk sholat kita.

Nah empat tips tadi mudah-mudahan bermanfaat. Kalau masih ada yang kurang, bisa ditambahkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: