Siap-Siap Tahun Pelajaran Baru 2013/2014

Sebentar lagi UKK selesai, libur panjang tentunya. Bagi guru libur panjang biasanya digunakan untuk mempersiapkan kelengkapan administrasi mengajar untuk tahun ajaran baru. Pun untuk guru TIK atau guru yang mempunyai amanah mengajar mata pelajaran TIK , pasti mulai sibuk-sibuk menyiapkan agenda praktik, perangkat lab, media pembelajaran, dan bahan mengajar lainya. Tahun ajaran baru ini saya mendapat amanah mengajar TIK untuk tiga jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMK. Untuk jenjang sekolah dasar saya sudah tidak terlalu ribet, karena media nya sudah cukup menurut saya. Untuk tingkat SMP yang sedikit masalah, karena tahun ini kurikulum 2013 mulai dijalankan, otomatis mata pelajaran TIK di “lenyapkan” dari jadwal pelajaran. Memang saya tidak mengajar “pure” TIK, toh mata pelajaran yang saya pegang adalah komputer. Tapi hadnoutnya belum jelas sebab saya belum punya rujukan yang valid tentang mata pelajaran komputer untuk tingkat sekolah menengah pertama. Untuk SMK memang jelas multimedia, tapi saya belum mendapat handoutnya dari pihak sekolah.

Yang harus saya persiapakan untuk mengajar tiga jenjang sekolah tersebut:

1. Administrasi mengajar

2. Bahan mengajar, untuk SD saya sudah punya modul TIK SD. Kalau untuk SMP dan SMK saya harus membuatnya segera.

3. Buku sumber, dan media interaktif. Mungkin saya akan lebih nyaman dengan Edmoodo atau sekali-kali menggunakan Googli Drive.

4. Saya juga harus menyiapkan banyak tutorial, karena yang diajar adalah anak SMP dan SMK. File tutorial saya simpan di Edmodo, dan siswa saya tinggal mendownloadnya.

5. Menyiapkan banyak software aplikasi dan software pendukung lainya, untuk saya dan siswa saya.

Tinggalkan Balasan

