Membangkitkan Kreatifitas Tanpa Batas Untuk Guru TIK

Salam kreatif untuk rekan guru TIK yang mudah-mudahan sudah tidak “galau” lantaran kebijakan pemerintah tentang mata pelajaran TIK di kurikulum 2013, tetap semangat, guru TIK selalu kreatif dan tak pernah membatasi ruang belajar dan mengajarnya hanya dalam kelas, sekolah atau lembaga. Tapi luas, tanpa batas. Luas melewati teritori, suku, ras dan batasan apapun yang membuat hambatan itu ada. Guru TIK bisa hadi didalam kelas tanpa dirinya harus ada, pun bisa mengajar di sekolah lain di luar sana tanpa harus pula dia berada disana. Dengan teknologi internet, guru TIK bisa berada dan mengajar di ruang kelas, sekolah, dan lembaga manapun tanpa dia harus berada disana. Jadi, biarkan pemerintah dengan kebijakanya, dan kita tetap mengajar TIK sesuai profesionalitas kita, walaupun tiba-tiba kita berada dalam kelas dengan buku dan nama mata pelajaran yang “aneh” menurut kita (mengajar PKN misalnya).

Mari kita bangkit dan memulai hari-hari yang menyenangkan dengan kemampuan dan profesionalitas kita, kembangkan terus “skill” kita, dan berdayakan dalam bentuk media yang bisa membuat kita selalu ada dalam ruang manapun untuk mengajar TIK, membuat software pembelajaran misalnya, membuat konten pembelajaran online, membuat panduan (tutorial), buku, dan media lainya yang berbasis TIK. Dengan cara seperti itu TIK kan tetap ada  dan dirasakan manfaatnya tanpa harus tercantum dalam kurikulum.

Guru TIK bisa jadi mentor bagi guru lainya untuk pengembangan media pembelajaran berbasis TIK atau hal lainya yang berhubungan dengan TIK. Guru TIK bisa jadi trainer untuk siapapun yang membutuhkan motivasi teknologi, spirit dan konwledge ICT. Guru TIK bisa jadi presiden direktur untuk dirinya sendiri dimana ia mampu mengelola perusahaan tanpa ruang dan karyawan (online), mengelola Even training, dan sosial edu lainya.

Mari bangkit dan tetap selamatkan TIK untuk tetap ada di kelas, sekolah dan lembaga pendidikan. Jika tidak ada, mau disesatkan ke teknologi mana siswa/siswi kita?

 

3 Komentar to “Membangkitkan Kreatifitas Tanpa Batas Untuk Guru TIK”

  1. Permisi
    Mari kita bangun kreatifitas tanpa batas, http://pcahyono.blogspot.com/

  2. terimakasih sudah berkunjung pak dosen, sy sering membaca blog bapak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: