Berusaha memahami calon pembeli

Dalam bisnis, kata sabar mungkin penting. Sebab dengan sabar pebisnis mampu bertahan dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk sabar dalam memahami calon pembeli, klien atau apapun namanya. Pun dengan saya yang bukan pebisnis sebenarnya, tapi mencoba ranah lain dan orang menyebutnya bisnis, harus menahan diri untuk tidak egois ketika menghadapi calon pembeli yang “bawel” menuntut produk yang bagus, sampel dan lain sebagainya. Contoh kasus, ketika seseorang meminta saya untuk membuatkan web dan dia mengaku “gaptek” terhadap TI. Singkatnya saya buatkan, dan setelah jadi saya beri tahu. Dan ternyata dia malah menuntut ini dan itu, katanya kurang ini dan itu, disainya kurang kreatif dan ada saja. Padahal saya sudah berusaha menerangkan, disain menyesuaikan range harga, pun saya juga memperhatikan speed loading web. Tapi orang tersebut tetep keukeuh pengen ini dan itu. Nah seperti itulah, kadang kita harus bersabar walau kita mesti diminta banyak hal oleh calon klien yang nyata-nyata tidak tahu apapun tentang produk kita. Jadi ya sabar aja, karena pembeli adalah raja (jadi raja kalau benar-benar membeli).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: