Memberi Tugas Menerjemahkan Help Aplikasi

sc nasyaHari Jum’at kemarin saya ada jadwal ngajar di kelas 7, tapi lantaran ada halangan terpaksa saya tidak masuk, dan terpaksanya lagi saya harus memberi tugas via seluler (sms sih). Dan tugas yang saya berikan adalah mentranslate help dari aplikasi Microsoft Mouse Mischief, lantaran materi berikutnya adalah aplikasi tersebut. Dan help yang diterjemahkan adalah Guided Tour yang merupakan resourcesnya micorosoft mouse michief. Memang slidenya cukup banyak, tapi saya harap siswa saya mengerjakanya secara bersama-sama. Dan tadi pagi sudah tugas siswa saya tersebut sudah masuk ke email saya, dan saya cek, sudah diterjemahkan semua. Yang lainya memilih dalam bentuk hard file. Dan seperti yang sudah saya duga, Google Translate menjadi aplikasi pilihan siswa saya dalam mengerjakan tugas yang saya berikan, dan hasilnya sudah bisa ditebak “ada yang bisa membuat saya tertawa” seperti mouse yang jadi tikus multi mouse yang jadi multi tikus, menghubungkan beberapa tikus ke komputer. Tapi apapun hasilnya saya tetap menghargai pekerjaan siswa saya, dan ini tugas utama saya sebenarnya memberikan pemahaman tentang teknologi google translate, bahwa google translate itu mesin yang hanya menerjemahkan kata bukan struktur kalimat. Jadi kalau mau menggunakan google translate ya mesti di filter lagi secara manual.

Yang perlu saya apresiasi adalah, bagaimana siswa sekarang lebih akrab dengan teknologi, tinggal bagaimana peran guru memberikan knowledge yang benar. Buktinya siswa saya sudah memanfaatkan Google Drive untuk penyimpanan arsip tugas-tugasnya, dan itu mempermudah saya dalam melakukan penilaian, tingga buka email dan cek. Dan beberapa siswa yang kreatif menampilkan embednya di blog mereka, ini menarik, karena orang tua siswanya bisa melihat dan memberikan feedback pada saya khususnya mengenai tugas yang saya berikan kepada anaknya.

Tinggalkan Balasan

