Apa fungsi Guru TIK di tahun ajaran baru 2013/2014?

Apa fungsi Guru TIK di tahun ajaran baru 2013/2014?

nasib guru tik 2013Semenjak ketuk palu untuk penerapan kurikulum 2013, yang lumayan “spektakuler” karena pemangkasan beberapa mata pelajaran populer seperti TIK untuk sekolah lanjutan. Muncul pertanyaan, mau dikemanakan guru TiK? Ini pertanyaan yang sampai saat ini belum ada jawabanya dari pemerintah. Apakah mau difungsikan sebagai tendik mapel lain atau staf TU? Ini menjadi “lelucon satir” yang membuat galau guru-guru yang telah bersertifikat guru TIK profesional (sergur). Tentu untuk sebagian guru TIK, tidak menjadi masalah ketika mapel TIK dihilangkan karena mereka siap mengajar apa saja (walaupun ini membuat tidak profesional). Tapi untuk sebagian lagi ini menjadi masalah karean mereka tidak siap untuk mengajar mapel lain (walaupun kalau dipaksakan saya rasa mereka mau juga). Cuma nantinya, buat apa ya sertifikat dari hasil 10 hari mondok dalam pembekalan sertifikasi guru?

Memang banyak ruang yang bisa di kelola mantan guru TIK di sekolah, diantaranya ruang lab.komputer, maintenance TIK di sekolah, sistem informasi management sekolah, pembuat software simulasi materi pelajaran, dan lainya. Cuma masalahnya jika mantan guru TIK tersebut menjadi pengelola seperti lab, sim sekolah, dan lainya apakah status gurunya akan tetap melekat sementara mereka tidak berinteraksi dengan siswa?

Jadi sebelum ada surat edaran dari pemerintah mengena fungsi mantan guru tik, tahun ajaran baru 2013/2014 ini guru tik bisnis aja dulu seperti ngerjain proyek software, ngelola web, ngeblog, ngisi seminar, dan yang berkaitan dengan profesionalnya lah hehehe…

image: http://mamlimpung.blogspot.com/2011/05/tugas-pokok-fungsi-guru-tik.html

One Comment to “Apa fungsi Guru TIK di tahun ajaran baru 2013/2014?”

  1. Khasus tidak hanya masalah guru TIK, ada sebagian sekolah yang memindahkan peran guru(status sertifikasi) diberdayagunakan untuk kepentingan Komite, tu, staf yayasan dll.

    Melihat sisi benefit yang diperoleh, guru TIK mending bisnisan dengan kemampuannya… hehehe…
    salam ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: