Untuk Kurikulum 2013, Mulailah Mencari Free Software Pembelajaran

integrasi tik kurikulum 2013Isu yang kemudian diketuk palu pada kurikulum 2013 adalah mengintegrasikan TIK kedalam semua mata pelajaran (khusus), dan melibatkan TIK ke dalam sekolah (umum). Kita singgung yang khusus saja, yaitu melibatkan atau bahasa “kreen” nya mengintegrasikan TIK kedalam semua mata pelajaran. Ini menjadi sangat menarik, karena nantinya setiap kegiatan pembelajaran, apapun mata pelajaranya akan melibatkan TIK. Misalnya saja mata pelajaran matematika, dimana guru dituntut mampu memberikan materi interaktif dengan perangkat-perangkat teknologi informasi, contoh sederhananya misalnya bagaimana guru matematika mampu memberikan simulasi materi matematika menggunakan aplikasi tertentu, atau paling sederhana menggunakan powerpoint interaktif. Dan pada akhirnya guru-guru yang menerapkan kurikulum 2013 akan semakin kreatif membuat bahan ajar digital, membuat simulasi interaktif, dan tentu akan mencari sendiri informasi-informasi yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran. Aplikasi tersebut bisa berlisensi atau free lisensi, dan yang paling enak tentu yang free lisensi alias software gratis.

Era internet, membawa perubahan bagi guru, dimana mendapatkan informasi mengenai perkembangan pendidikan akan lebih mudah dan cepat, dari belahan dunia manapun. Guru di Indonesia, akan mudah tentunya untuk berteman dan berbagi dengan guru-guru di belahan dunia manapun, dan kita bisa mengambil manfaat disana. Salah satunya kita bisa menanyakan tentang perangkat-perangkat teknologi yang sering digunakan dalam pembelajaran. Kita bisa bertanya kepada guru-guru dari negara maju, dan kita pun bisa mendapatkan informasi yang berharga tentunya mengenai free software yang mereka gunakan untuk kegiatan mengajarnya.

Dengan internet pun, kita bisa dengan mudah menemukan free software yang sesuai dengan kebutuhan perangkat mengajra kita. Beberapa free software yang bisa kita gunakan untuk kegiatan pembelajaran seperti Geogebra (aplikasi untuk pembelajaran matematika), abilities buildier math, mathaid trigonometri, soalar system, quiz creator, dan banyak lagi. Belum lagi guru juga sudah harus mulai akrab dengan dengan situs-situs penunjang pembelajaran semacam edmodoo, edu 2.0, wondershare, google drive, dan lainya.

Selain itu, sudah saatnya guru juga mempunyai personal blog sendiri untuk menuangkan kreatifitas menulisnya yang ia dapatkan dari pengaama mengajarnya. Untuk itu mulailah belajar CMS semacam wordpress, moddle, atau joomlah. Atau paling tidak memiliki akun di blogspot atau wordpress.com. Begitulah tuntutan kurikulum 2013, dan ini sangat menarik. Dan ada baiknya dari sekarang untuk mencari free software yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, selamat berburu!

image: edudemic.com

One Comment to “Untuk Kurikulum 2013, Mulailah Mencari Free Software Pembelajaran”

  1. kang Mulyadi, punya software bel otomatis sekolah ndak? nuhun 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: