Bank Soal SD-Bank Soal SMP-Bank Soal SMA/SMK (Bank Soal)

bank soal sd smp sma smkKalau saya perhatikan setiap mau menghadapi ulangan umum sekolah entah itu ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, atau ujian nasional, trafik pencarian soal sangat tinggi. Saya berani mengatakan demikian karena saya mempunyai satu blog yang isinya sebisa mungkin hanya untuk soal-soal. Trennya seperti itu, kalau beberapa bulan lagi menghadapi ulangan sekolah pasti trafiknya melonjak tinggi, dan puncaknya biasanya pas beberapa hari lagi mau melaksanakan ulangan sekolah tersebut. Saya tidak tahu, siapa saja pengunjung blog tersebut, tapi logisnya pasti orang-orang yang mempunyai keterkaitan dengan ulangan sekolah, bisa guru, siswa, orangtua siswa atau dinas pendidikan unit (mungkin). Saya yakin semua pengunjung tersebut ingin melihat sejauh mana soal-soal ulangan yang dibuat oleh orang lain, atau sekedar bahan uji kompetensi siswa. Dan bisa juga ada yang copas saja, itu juga bisa jadi. Tapi apapun itu, ternyata soal-soal itu sangat dibutuhkan. Untuk itu saya berharap di negara kita ini ada situs resmi dari pemerintah tentang bank soal tersebut, agar memudahkan kita dalam menemukan soal-soal yang dibutuhkan.

Sebenarnya sudah ada beberapa situs yang menyediakan bank soal, tapi kenyataanya itu tidak layak disebut bank soal karena persediaan soal-soalnya sangat sedikit. Ada juga dari situs penerbitan tapi itu berbayar. Dan kebanyakan saat ini, yang menyediakan soal-soal masih di dominasi oleh blog pribadi yang biasanya dikelola oleh rekan guru. Sebenarnya ada banyak manfaat dari adanyak bank soal yang bisa diakses secara online, diantaranya:

  1. Memudahkan pencarian soal-soal
  2. Sebagai bahan uji kompetensi pra ulangan sekolah, atau istilahnya untuk pemantapan.
  3. Untuk bahan perbandingan. Dengan bank soal kita bisa melihat sejauh mana materi yang sudah disampaikan oleh sekolah lain. Dan kita juga bisa membandingkan bobot soal, apakah bobot soal yang dibuat oleh kita terlalu berat untuk ukuran tingkat pendidikan tertentu dan kita bisa membandingkanya dengan bobot soal yang dibuat sekolah lain.
  4. Untuk bahan diskusi soal.

Nah setidaknya 4 point tadi menjadi nilai manfaat yang bisa kita ambil dari adanya bank soal. Dan saya yakin manfaat lainya juga sangat banyak. Walaupun kita tidak bisa menafikan pasti ada saja mudharatnya, misalnya saja copy-paste, dan kegiatan tidak baik lainya. Tapi dibanding mudharatnya saya yakin manfaatnya lebih banyak. Hayooo siapa yang mau buat portal bank soal sd, bank soal smp, bank soal sma/smk nasional? Mariii……..

One Comment to “Bank Soal SD-Bank Soal SMP-Bank Soal SMA/SMK (Bank Soal)”

  1. mana gansoal-soalnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: