Apa itu WordPress?

Apa itu WordPress? Pertanyaan tersebut kemarin dilontarkan salah satu siswa, dan saya menjawabnya dengan kondisi saat itu. Jawaban saya “wordpress untuk membuat blog atau website”. Begitulah, saya tidak menjawabnya secara detail sesuai sumber buku atau situs tertentu, karena saya yakin jawaban panjang dan detail malah tidak akan dimengerti. Dan sekarang saya akan mencoba menulisnya mengenai WordPress sebagai materi teori untuk siswa-siswa saya. Jika mereka memerlukan materi teorinya, mereka tinggal baca tulisan ini.

WordPress

Berdasarkan sumber Wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis open source, yang populer digunakan untuk membuat blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, sedangkan databasenya menggunakan MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak open source juga. Selain sering digunakan untuk membuat blog, wordpress kemudian sering digunakan sebagai sebuah content management system (CMS) karena wordpress mudah dimodifikasi oleh pengguna sesuai kebutuhanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

WordPress muncul pertamakali tahun 2003, oleh Matt Mullenweg dengan Mike Little. WordPress makin populer karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, juga karena dukungan komunitas pengguna wordpress.

WordPress.Com dan WordPress.Org

WordPress.Com diperuntukan bagi yang ingin membuat blog sendiri, secara cepat, dan gratis. Kenapa gratis? Karena setelah register, pengguna akan membuat alamat blognya sendiri menggunakan subdomain wordpress.com, seperti alamat blog ini tenjocity.wordpress.com.

WordPress.Org diperuntukan bagi pengguna yang ingin memodifikasi wordpress sesuai kebutuhanya, dengan host dan domain sendiri.

Proses instal wordpress secara manual

Bagi siswa yang belum mengerti proses install wordpress secara manual, berikut langkah-langkah sederhanya:

  • Langkah pertama, download aplikasi wordpress dan Xampp terlebih dahulu disini.
  • Install terlebih dahulu Xampp. Xampp merupakan webserver yang akan menjalankan program apache dan mysql. Langkah-langkah instalasinya silahkan cari di google. Dan salah satunya dari blog ini. Setelah finish, jangan lupa untuk mengaktipkan program apache dan mysql nya, seperti pada gambar dibawah ini.

aktip mysql di xampp

  • Selanjutnya, extrak file wordpress yang sudah di download menggunakan winrar atau sejenisnya. Kemudian copy file wordpress yang sudah di ekstrak tersebut. Masuk ke Drive C, pilih Xampp, pilih htdoc, paste.
  • Masih pada htdoc, buka folder wordpress, kemudian cari file dengan nama wp-config-sample.php. Caranya klik kanan file tersebut, pilih open, pilih program untuk membuka file tersebut, untuk mudahnya pilih saja Notepad.
  • Setelah file terbuka, saatnya melakukan beberapa perubahan kecil. Pada DB_Name_Here ganti dengan nama data base yang sudah dibuat di xampp. Pada latihan kemarin, kita menggunakan nama databse ‘latihan’. Pada DB_User_here ganti dengan ‘root’.  Pada DB_Password_here hapus saja biarkan kosong menjadi seperti ini ‘ ‘. Dan pada DB_host ganti menjadi ‘local host’. Kemudian Save. Lihat pada gambar dibawah ini.

seting wp-config-sample

  • Buka browser, ketikan localhost/wordpress. Jika tidak ada permasalahan pada koneksi database, atau tidak ada permasalahan pada saat instalasi Xampp maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu silahkan masukan database name, user name, password dan database host seperti pada wp-config-sample.php. Yaitu, pada database name tulis latihan, pada user name tulis root, pada password biarkan kosong, dan pada database host tulis localhost.

tampilan instal wordpress

  • Tekan submit. Nanti akan muncul perintah install wordpress. Klik Run the install. Setelah itu silahkan isi blog title dan lainya sesuai keinginan. Kemudian silahkan tekan install wordpress.
  • Dan langkah selanjutnya silahkan copy password pada pemberitahuan instal telah selesai. Berikutnya paste pada form login.  Seperti pada gambar dibawah ini.

login wp

One Comment to “Apa itu WordPress?”

  1. terima kasih gan tutorialnya, saya pribadi jadi tertarik pelajari wordpress setelah membandingkan dengan blogspot dan ternyata wordpress lebih mudah dan tidak ribet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: