Guru Blogger Indonesia

Sebenarnya yang ingin saya tulis adalah aktivitas guru di luar rutinitasnya sehari-hari dalam menemani siswa di kelas, artinya diluar rutinitas mengajarnya. Ada banyak fakta menarik tentang kegiatan lain seorang guru. Ada yang membuka kelas private untuk siswanya, les keliling, jual ini itu, ngojek, pengumpul barang bekas, dan lain sebagainya. Dari macam-macam pekerjaan lain seorang guru yang saya sebutkan tadi, tentu masing-masing “kerja sambilan” yang mereka lakukan menggambarkan tingkat kesejahteraan mereka.

Diluar jenis aktivitas tersebut, saya tertarik dengan istilah “guru blogger“. Secara sederhana memaknai dua kata tersebut, saya bisa menafsirkanya bahwa guru blogger adalah guru yang mempunyai aktivitas blogging. Entah aktivitas bloggingnya untuk tujuan komersil, atau untuk media sosial-learning , atau keduanya. Dan saya menemukan contoh-contoh unik dari guru blogger tersebut di internet. Mereka biasanya menulis banyak hal tentang sesuatu yang menarik seputar aktivitas mengajarnya, dan ada pula yang menulis untuk aktivitas yang sama sekali tidak berhubungan dengan profesinya.

Fakta menariknya adalah, guru yang mempunyai blog, dan berusaha menulis setiap hari di blognya tersebut rata-rata mereka adalah guru yang inspiratif, kreatif dan mempunyai pekerjaan profesional lainya selain mengajar. Misalnya saja mereka mempunyai job profesional sebagai pemateri seminar, trainer pendidikan, penulis. Dan semua pekerjaan profesionalnya tersebut bisa mereka dapatkan lantaran rutinitas bloggingnya. Mula-mula mereka hanya “pure” ngeblog, menulis yang ringan-ringan, menulis tentang materi pelajaran tapi lama-lama mereka jadi populer dan dikenal di internet. Dan dari popularitasnya tersebut, akhirnya banyak tawaran untuk mengisi seminar, pemateri, guru terbang, private dan lainya.

Nah, mungkin seperti itulah fakta menarik yang membuat saya selalu termotivasi untuk menulis di blog ini. Selain ingin memberikan sesuatu yang bisa diambil manfaatnya dari tulisan-tulisan saya, saya juga ingin mengambil manfaat dari aktivitas blogging saya. Dan mudah-mudahan saya bisa menjadi guru blogger indonesia

Tinggalkan Balasan

