Apakah Bisa Membuat Silabus,Prota,Promes dan RPP TIK Berdasarkan Modul TIK?

silabus komputer sdSaya sering mendapat sms request dari beberapa rekan guru yang sudah menggunakan modul tik sd kelas 3,4,5,6 buatan saya, isinya antara lain menanyakan kelengkapan administrasi dari modul tersebut, seperti silabus, prota, promes dan rpp. Untuk pertanyaan ini saya langsung menjawabnya “tidak ada” atau “tidak bisa” jika ada yang memintanya. Kenapa? Karena memang saya hanya berkenan membagi modul tik nya saja, tidak untuk kelengkapan administrasi mengajarnya. Pertama kalai ketika hendak membuat modul tik tersebut, tentu saya mesti menyusun silabusnya terlebih dahulu agar modul tersebut sistematis dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Saya mesti menghitung jam, hari epektif, dan mengukur “kemungkinan” kemampuan siswa. Setelah itu saya melihat banyak referensi buku-buku pelajaran komputer untuk anak SD, beberapa tutorial menarik lainya yang berhubungan dengan pembelajaran TIK di sekolah dasar. Saya juga harus memperhatikan penguatan karakter dari materi modul saya baik yang akan dikerjakan dalam bentuk praktik maupun teoritis di kelas. Lalu, apakah modul tik SD yang saya buat sudah sesuai dengan silabus TIK dari Diknas?

Pertanyaan ini menarik, dan saya menjawabnya saya tidak mengambil sepenuhnya standar-standar dalam silabus buatan dinas pendidikan tersebut. Kenapa? Saya melihat silabus standar yang dengan mudah kita temukan, terlalu berat untuk ukuran anak SD, dan tidak fokus. Contohnya saja, untuk silabus tik kelas 4 SD, ada standar kompetensti tentang pengenalan arsitektur komputer, mulai dari sejarah komputer sampai bagaimana data di proses, berbicara kecepatan data per byte, ALU, sistem operasi dan seterusnya, yang saya pikir itu semua tidak penting buat anak usia kelas 4 SD. Toh anak kelas 4 SD lebih baik diberi materi praktik mengetik, membuat surat, dan materi wordprocessor lainya ketimbang hal-hal yang teoritis yang bisa mereka temukan nanti di jurusan sistem informasi atau komputer (itu pun kalau mereka berminat kuliah komputer).

Kembali ke topik Apakah Bisa Membuat Silabus,Prota,Promes dan RPP TIK Berdasarkan Modul TIK?

Saya jawab, sangat bisa. Karena modul tik sd yang saya buat di buat per paket latihan, misal semester 1 terdiri dari berapa latihan dan proyek. Dari sana guru bisa membaginya kedalam standar-standar dalam kolom silabus, prota, dan promes, sebelum akhirnya ke RPP. Misalkan untuk kelas 4 SD, bisa di bagi kedalam beberapa SK. Ada SK pengenalan perangkat keras komputer, ada SK mengenal perangkat lunak pengolah kata, dan seterusnya. Kompetensi Dasarnya, misalkan untuk SK mengenal perangkat lunak pengolah kata, KD nya adalah menggunakan perangkat lunak pengolah kata microsoft word 2007 dengan indikator megenal jendela kerja microsoft word, mampu menggunakan menu A, menu B dan seterusnya. Jadi, bisa kok membuat silabus, prota, promes, dan RPP TIK berdasarkan modul TIK yang saya buat.

Dan, yang lebih penting sebenarnya adalah semangatnya. Semangat untuk membuat kelengkapan administrasi mengajar TIK tersebut, bukan terima jadi, beres dan selesai tanpa mengerti prosesnya tanpa tahu skenario berikutnya. So, bagi yang sudah menggunakan modul tik sd yang saya buat silahkan jadikan modul tersebut teferensi, suplemen, panduan praktis dan insfirasi untuk membuat karya serupa yang lebih fokus. Soal silabus dan setersunya, seorang guru pasti mampu membuatnya.

Reff image: superpilot.cba.pl

Tinggalkan Balasan

