Ingin membuat ebook panduan monetize blog buat rekan guru

ebook monetize blog untuk guruIngin membuat ebook panduan monetize blog buat rekan guru honorer| Sub tulisan ini mungkin sedikit keluar dari topik yang biasa saya tulis di blog ini, tapi stidaknya topik blogging dan guru masih menjadi ruh tulisan kali ini. Mendengar kata “guru honorer” orang selalu membayangkan sesuatu yang miris, bekerja tanpa penghargaan finansial yang sesuai baik dengan loyalitas pekerjaanya maupun dengan gelar akademik yang untuk memperolehnya si guru honorer tersebut memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Tapi begitulah, para sarjana itu rela melakukanya, entah dengan alasan pengabdian, atau menunggu giliran mendapat SK pegawai negeri sipil. Tapi apapun alasanya, guru honorer kerap menjadi anomali dari gemah ripahnya kesejahteraan seorang guru ber-SK pegawai negeri sipil.

Melihat hal tersebut, saya terenyuh untuk mengajak rekan guru honorer untuk mulai membuat kreatifitas. Lupakan gaji atau penghasilan kecil, melulu memikirkannya tidak akan merubah apapun. Lebih baik mencari solusi, bagaimana caranya mendapatkan penghasilan yang lebih baik yang di dapat bukan dari anggaran belanja negara (maaf), tapi dari jerih payah sendiri dalam menjemput rejeki.

Monetize Blog

Sebagai guru yang suka ngeblog, dan mencari pekerjaan dan uang dari aktivitas blogging tersebut, saya terenyuh untuk berbagi. Ingin sekali saya membuat sebuah ebook tentang panduan monetize blog. Apa itu monetize? Menjadikan blog sebagai mesin uang. Terlalu “vulgar” memang istilah tersebut, tapi saya tidak mempunyai istilah yang lebih halus selain itu. Ya, menjadikan blog sebagi mesin uang.

Mesin uang disini, bukanlah peralatan mekanik yang bisa mencetak uang dengan sesuka hati. Melainkan istilah saja, bagaimana dari kreatifitas blogging kita bisa mendatangkan banyak pengunjung, kemudian dengan kreatifitas skill kita juga bisa membuat produk, dan mempertemukan keduanya (pengunjung dan produk) dalam satu transaksi yang saling menguntungkan.

Ebook yang ingin saya buat tersebut, targetnya bisa membantu rekan guru honorer untuk langsung mempraktikan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan lewat aktivitas blogging. Konsep dasarnya sudah ada, tinggal pengoptimalan kontent yang sebagian sudah saya tuangkan di beberapa blog saya. Mudah-mudahan setelah satu pekerjaan serius yang harus saya selesaikan bulan ini selesai, ebook tersebut bisa langsung saya garap.

Isi ebook.

Sejauh ini masih seputar cara-cara sederhana yang sudah saya praktikan dan berhasil mendatangkan transaksi, mungkin lainya saya tambahkan tentang program program penayangan iklan semacam Google Adsense. Tapi saya akan fokuskan ke transaksi, sebab dengan cara ini ada kreatifitas lain dari keilmuan si guru yang di gunakan, yakni membuat produk bernilai jual dan bermanfaat. Mudah-mudahan bisa terealisasi…

Reff image: louiesioco.com

Tinggalkan Balasan

