Ngajar lewat Facebook

Siang tadi, saya ada jadwal di kelas 8 jam 9.20. Tapi jam tersebut juga kami ada rapat mendadak. Jadi, bagaimana caranya supaya saya bisa tetap memberikan materi tapi juga tidak meninggalkan rapat? Solusi pertama langsung lewat blog, jadilah saya posting materi yang (sebenarnya) akan diajarkan hari ini, title materinya bisa dilihat pada link ini. Tentu yang namanya ngajar harus ada interaksi dan komunikasi? maka saya juga berpikir bagaimana caranya supaya bisa berkomunikasi? lewat sms, itu gampangnya. Tapi itu akan memakan pulsa siswa saya dan saya terutama (hehheeh). Akhirnya solusi kedua saya memanfaatkan facebook untuk fasilitas berkomunikasinya…

Ini pengalaman, mestinya sebagai guru saya sudah mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi. Ya, seperti hari ini yang tiba-tiba ada rapat mendadak. Mestinya saya sudah mengambil langkah preventip dari kemungkinan yang bisa diatasi dengan Edmodo misalnya, atau video tutorial saya misalnya yang bisa diakses lewat youtube. Dan sebenarnya Edmodo lebih nyaman untuk kelas virtual….tapi kalau mendadak dan kita belum mepersiapkan langkah perepentif tadi, ya Blog dan Facebook bisa jadi solusi dadakan yang lumayan bermanfaat…

Tampilan layar waktu saya berkomunikasi dengan beberapa orang siswa saya

One Comment to “Ngajar lewat Facebook”

  1. ini sangat bermanfaat, dengan di dampingi fasilitas sekolah ataupun fasilitas para siswa tersebut yang sangat wajib untuk di manfaatkan dengan baik seperti ini.

    salam kenal buat Pak @Mulyadi Tenjo yang senang berbagi ceritanya disini

Tinggalkan Balasan

