How To (Bentuk artikel yang menggurui)

How To (Bentuk artikel yang menggurui)| Kalau rutin mengunjungi blog saya, pasti masih ingat dengan posting yang berjudul “bentuk artikel (dari buku yang terabaikan)“, kalau belum baca silahkan buka kembali posting tersebut. Dan posting kali ini masih satu topik dengan posting tersebut, yaitu mengenai bentuk-bentuk artikel. Buat yang hobi nulis di blog, membaca posting ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tulisan agar lebih menarik dan “benar”.

How to, bentuk artikel  ini lebih banyak memberikan cara mengatasi suatu masalah dengan baik dan efisien. Misalnya saja memberikan solusi-solusi terbaik terhadap suatu permasalahan. Bentuk artikel how to memang terkesan menggurui, tetapi faktanya artikel semacam ini banyak disenangi, terutama oleh kalangan profesi. Contoh dari artikel dengan bentuk how to, misalnya saja “cara membuat blog yang cepat”, atau “cara mengajar dengan model pembelajaran interaktif yang tepat”, atau bisa juga “cara membuat presentasi yang fokus, menarik dan efisien”.

Untuk menulis artikel dengan bentuk how to, penulis harus menguasai betul topik yang akan ditulisnya. Biasanya yang menulis artikel dengan bentuk how to merupakan profesional dibidangnya. Artikel yang ditulis biasanya berdasarkan pada pengalaman pribadi, atau hasil kajian ilmiah.

Pembaca akan mendapat banyak sekali manfaat dari membaca artikel dengan bentuk how to, diantaranya mereka akan mendapat perbendaharaan solusi, fakta-fakta baru yang teruji dan valid yang langsung mempengaruhinya untk coba mempraktikan dari apa yang mereka baca.

Jadi, kalau anda blogger pasti menulis seperti ini akan lebih enak jika yang ditulis adalah pengalaman pribadi selama ngeblog. Kalu anda guru, lebih baik menulis sesuatu yang telah anda lakukan bersama siswa anda….

Demikian, topik How To yang merupakan ssalah satu bentuk artikel dari sebuah buku yang terabaikan yang setelah saya baca kembali ternyata cukup bermanfaat dan menarik tentunya. Masih ada 6 bentuk artikel lagi yang sangat bermanfaat, dan keenam bentuk artikel tersebut bisa saya posting kembali di blog ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: