Ngajar sambil ngeblog bolehkah?

Ngajar itu mesti konsentrasi, dan fokus pada materi yang akan diajarkan. Guru harusnya fokus ke siswa dan segala hal yang sedang dilakukan siswa dalam menyimak materi yang sedang disampaikan. Kalau ngajar sambil ngeblog, bolehkah?

Screen shoot dashboard blog saya,
dan tampilan komputer siswa yang sedang saya awasi…

Mungkin tidak boleh, karena akan mengganggu epektifitas mengajar, kecuali….kecuali guru TIK kali (maksa). Menulis memang menjadi (candu) buat saya, khususnya mnulis di blog. Rasanya tidak enak aja kalau tidak menuangkan sepatah atau dua patah kata tentang berabagai macam ide ke blog-blog saya, pokoknya asal ada laptop, ada koneksi internet, dan waktunya memungkinkan maka saya akan membuka akun blog saya dan mulai menulis apa saja. Termasuk ketika sedang mengajar di Lab. komputer….

Di lab.komputer memang lebih memungkinkan untuk mengajar sambil ngeblog. Biasanya saya lakukan setelah menjelaskan tentang materi, karena pada waktu itu biasanya siswa saya langsung praktik mengerjakan latihan yang ada pada modul tik mereka. Enak, sih ngajar di lab. pakai modul. Tidak ribet, dan sangat epektif. Hasilnya bisa langsung terlihat …..ya dari hasil latihan siswa di file komputer masing-masing yang bisa langsung saya montior di laptop saya.

Guru TIK di lab memang tidak perlu banyak bicara, menjelaskan singkat saja. Selebihnya biarkan siswa bekerja, dan kita memperhatikannya lewat layar monitor laptop kita. Saya memanfaatkan aplikasi remote komputer gratisan….dan sangat berguna, saya bisa memonoitor komputer siswa, jika ada yang main-main langsung saya kasih peringatan atau disable. Dan dengan begitu saya bisa ngajar sambil menulis di blog…..

Tinggalkan Balasan

