Bentuk Artikel (Dari buku yang terabaikan)

Bentuk Artikel (Dari buku yang terabaikan): Aktivitas blogging kadang melepaskan semua hal tentang etika dan estetika menulis (yang baik). Ngeblog, sering dianggap suatu kebebasan berekspresi. Kita tak butuh aturan tentang bagaimana seharusnya menulis, tentang EYD, tentang kaidah-kaidah baku lainya. Yang penting kita berkespresi, entah dengan menulis secuil dua cuil kalimat atau hanya “jepretan” photo buram yang sebenarnya tidak layak publish (lihat saja photo-photo saya jelek-jelek kan?).

Nah cara kita berekspresi di blog sebenarnya lebih banyak menampilkan konten berupa tulisan, mungkin sembilan puluh sekian persen blog yang beredar di internet kebanyakan kontentnya berupa tulisan. Dan memang tulisan lebih banyak dicari, karena dengan menulis seseorang bisa menceritakan banyak hal, karena dengan tulisan seseorang bisa tahu banyak informasi dan bisa lebih mudah untuk dipahami ketimbang konten berupa gambar. Begitupun dengan kecepatan akses, tulisan jauh lebih cepat ketimbang file jpg atau extension gambar lainya.

Lalu….? Di meja belajar saya ada sebuah buku yang judulnya “menulis artikel dan karya ilmiah”, buku kecil yang saya yakin pada zamanya buku tersebut pasti sangat menarik. Terutama bagi mereka yang mempunyai hobi tulis menulis atau para mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Dan sebenarnya isinya cukup menarik, cuma (mungkin) lantaran saya lebih sering membaca ebook dan artikel-artikel praktis di internet, buku tersebut sedikit terabaikan.

Ada bagian penting dari buku tersebut, tentang bentuk artikel. Terus terang dalam beberapa posting saya kerap menuliskan kalimat “artikel kali ini…” untuk memperjelas tentang topik yang akan saya bahas pada posting tersebut. Setelah membaca buku yang terabaikan tersebut ternyata tulisan saya dalam blog ini sepertinya bukan jenis artikel…

Ada 8 bentuk artikel yang menjadi tema menarik, setidaknya buat saya yang tidak pernah belajar bagaimana menulis yang benar secara formal. Yaitu:

  • How-To
  • Personal Experience
  • Self-help
  • Profile
  • Round Up, Survey.
  • Humor
  • Commentary/Opinion Editorial
  • dan General Interest.

Lalu, selama ini (kalau kebetulan) memang saya menulis artikel di blog ini, bentuknya yang mana ya?

Tinggalkan Balasan

