Menggunakan Tim Viewer Untuk Lab.Komputer Sekolah

Tim Viewer sebenarnya merupakan aplikasi untuk remote komputer. Aplikasi ini digunakan untuk mengoperasikan komputer dari jarak jauh, atau bahasa populernya adalah me-remote komputer. Cara kerjanya dengan menginstal terlebih dahulu aplikasi Tim Viewer di komputer yang akan di remote dan di komputer yang akan digunakan untuk me-remote artinya kedua komputer yang akan saling berhubungan (connected) mesti terinstal aplikasi terlebih dahulu. Dalam ilmu komputer dikenal dengan client and server, cuma secara fungsi kita tidak memposisikan yang mana server yang mana client. Melainkan yang satu yang menggendalikan dan yang satu dikendalikan. Tentu, aplikasi ini akan berjalan jika ada koneksi internet yang cukup baik.

Untuk Lab.Sekolah

Sesuai fungsinya Tim Viewer digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh. Tentu fungsi tersebut bisa kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk Lab. Sekolah. Dengan aplikasi tersebut kita bisa memonitor komputer siswa dari satu komputer yang difungsikan sebagai pengendali, mata-mata, atau apalah namanya. Saya mencobanya dengan menginstal aplikasi tim viewer ke setiap komputer siswa dan laptop pribadi, dan ketika kegiatan KBM praktik saya bisa leluasa mengawasi kinerja anak.

Tim Viewer, sebenarnya berilsensi. Tapi kita bisa menggunakan yang versi gratisnya, yang bisa kita download langsung dari alamat www.timviewer.com. Proses download sendiri tidak terlalu berat dan tanpa registrasi.

Cara menggunakan aplikasi

  1. Install file.exe yang sudah di download (proses instalasi sangat mudah, tinggal next-next saja).
  2. Sesudah terinstal, jangan lupa untuk mencatat ID tim viewer komputer yang diinstal. ID tersebut yang akan kita gunakan untuk me-remote komputer dari jauh.
  3. Untuk mulai meremot, tinggal jalankan aplikasi di komputer kita (pengendali), masukan ID Partner dan komputer yang diremote pun langsung terlihat di komputer.

Langkah-langkahnya memang sangat mudah. untuk melihat tutorial download dan instalasinya lihat pada video interaktif >> di youtube.

Menu yang dapat kita gunakan dalam aplikasi Tim Viewer tersebut selain mengontrol komputer, kita juga bisa bertukar file dengan mudah, print langsung menggunakan komputer yang kita kendalikan, mematikan (lock) komputer yang kita kendalikan, meeting, VoIP, konfrensi, dan lainya dan itu sangat berguna dalam proses kegiatan belajar-mengajar TIK dalam Lab.komputer sekolah. Dengan aplikasi Tim Viewer tersebut, guru bisa mengawasi gerak-gerik siswa ketika mengerjakan latihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: