Berusaha untuk tidak mengecewakan “pembaca premium”

Berusaha untuk tidak mengecewakan “pembaca premium”>> Sebuah catatan penting dalam menekuni karir blog saya.
Jika mau sukses maka profesional lah, apapun jenis profesinya. Jika pedagang maka jadilah pedagang yang mengerti semuanya tentang ilmu dagang. Jika Guru, maka jadilah guru yang mengerti semua hal yang harus dikerjakan oleh seorang guru. Begitupun dengan Blogger (jika aktivitas ini bisa diakui sebagai profesi), maka jadilah blogger yang tahu betul semua hal yang berkaitan dengan blogging. Dan semuanya punya tanggung jawab untuk tidak mengecewakan konsumen. Pedagang terhadap pembeli, guru terhadap siswa, dan blogger terhadap pembaca tentunya.

Sebuah catatan yang harus saya simpan dalam ingatan jangka panjang saya, agar kelak dibutuhkan bisa langsung mengingatnya. Yaitu, tentang prilaku untuk tidak mengecewakan pembaca blog-blog saya. Belakangan saya mulai paham tentang siapa saja pembaca blog saya, selanjutnya saya mengklasifikasikan pembaca blog saya tersebut kedalam beberapa klasifikasi:
1. Pembaca yang kebetulan mampir.
2. Pembaca langganan.
3. Pembaca loyal.
4. Pembaca premium.

Pembaca yang kebetulan mampir, yaitu pembaca yang kebetula mampir ke blog saya. Bisa lantaran diantar mesin pencari, bisa karena backlink, bisa karena penasaran dengan saya dan lain sebagainya yang intinya mereka cuma mampir. Pembaca langganan, yaitu pembaca yang memang sering berkunjung ke blog saya. Mungkin setiap hari, lantaran ingin tahu update posting balog saya. Pembaca loyal, pembaca yang selalu ngikutin perkembangan blog saya (followr-lah), ikut berkomentar, mengkritik, dan iktu mempromosikan blog saya.

Sedangkan pembaca premium, ya pembaca yang datang dan siap transfer. Pembaca premium di blog saya adalah pembaca untuk tulisan tentang Modul TIK  SD kelas 3,4,5,6 TP.2012, Modul TIK SD Kelas 3,4,5,6 Update, atau Modul TIK SD Kelas 3,4,5,6 edisi pertama, Ebook Bank Soal, dan page Katalog untuk transaksi gado-gado (minta dibuatkan web sekolah, minta dibuatkan blog pribadi, dan ….).

Nah disinilah saya mesti Berusaha untuk tidak mengecewakan “pembaca premium” blog saya, walaupun saya juga tidak mungkin sengaja mengecewakan pembaca blog saya lainya. Kadang banyaknya pekerjaan (karena pekerjaan utama saya adalah mengajar) kadang saya lupa atau tidak bisa memenuhi permintaan pembaca premium saya tersebut, jadilah mereka (yg tidak ngerti) kecewa dan kabur. Seperti halnya kemarin, ada yang minta Ebook bank soal dan saya belum sempet mengirimkanya karena pada waktu yang sama saya mesti menyelesaikan proyek lainya. Nah, kelalaian seperti itu yang saya takutkan menjadikan pembaca blog saya kecewa.

Sebagai blogger yang berusaha profesional, saya akan berusaha untuk tidak mengecewakan pembaca blog saya, terutama pembaca premium (hehehehe). Kalau pun saya dianggap mengecewakan, mohon dimaafkan!

Reff image: mylovedreamdiary.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

